D-ONENEWS.COM

Kapolri Idham Azis Mutasi 229 Polisi

Kapolri Jenderal Idham Azis

Jakarta (DOC) – Kapolri Jenderal Idham Azis melakukan mutasi terhadap puluhan perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) kepolisian. Setidaknya ada 229 pati dan pamen yang dimutasi oleh Kapolri, mulai dari pangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) hingga Irjen.

Mutasi itu tertuang dalam tiga surat telegram (ST) bernomor ST/2933/X/KEP.2020, ST/2934/X/KEP.2020, dan ST/2935/X/KEP.2020 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM Inspektur Jenderal (Irjen) Sutrisno Yudi Hermawan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan mutasi pamen dan Pati Polri tersebut.

Argo menuturkan bahwa mutasi itu biasa dilakukan di dalam tubuh Polri. Selain untuk penyegaran organisasi, mutasi juga dilakukan mendekati masa pensiun sejumlah perwira.

“Ya benar (Penerbitan telegram). Penyegaran organisasi dan ada yang mendekati masa pensiun,” kata Argo, dilansir CNN Indonesia, Rabu (14/10).

Setidaknya ada 54 pati dan pamen yang dimutasi. Rinciannya, 3 perwira memiliki bintang alias Jenderal, lalu 34 berpangkat Komisaris Besar (Kombes), dan sisanya berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Tiga Irjen yang dimutasi dari jabatannya adalah Irjen Widyanto Poesoko yang semula ditempatkan di Kemenkopolhukam, kini ditarik kembali menjadi Analis Kebijakan Utama Baintelkam Polri.

Kemudian, Irjen Pol Indra Miza yang semula ditugaskan di Wantannas, kini dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Lalu, Brigjen Pol Tatang yang semula Penyidik Tindak Pidana Utama Bareskrim Polri dan dipindahkan untuk bertugas di SKK Migas.

Kemudian, dalam telegram bernomor 2934, ada enam Brigjen yang dimutasi Kapolri. Di antaranya, Brigjen Dul Alim yang semula menjabat sebagai Wakapolda Jambi, kini ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri.

Selanjutnya, Kapolri juga merotasi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso yang semula merupakan Karopsi SSDM Polri, kini diangkat menjadi Wakapolda Jambi menggantikan Dul Alim.

Lalu, Brigjen Pol Hartono yang merupakan Psikolog Kepolisian Utama SSDM Polri, kini diangkat menjadi Karopsi SSDM Polri. Lalu Brigjen Pol Zainal Arifin yang merupakan penyidik tindak pidana utama Bareskrim Polri, dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kemudian, Brigjen Yadi Suryadinata yang dimutasi dari posisinya sebagai Wakapolda Sulawesi Utara menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Ekonomi Baintelkam Polri. Terakhir, Brigjen Rudi Darmoko yang semula merupakan Dirprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri, kini diangkat menjadi Wakapolda Sulut.

Selain itu, ada 68 perwira menengah berpangkat Kombes dan AKBP yang juga dimutasi Kapolri.

Terakhir, dalam telegram bernomor 2935, Kapolri melakukan mutasi terhadap sejumlah pejabat-pejabat di daerah. Setidaknya ada 103 Perwira menengah yang dimutasi oleh Kapolri dari wilayah Aceh hingga Papua.(cnn)

Loading...

baca juga