D-ONENEWS.COM

Kasus ISPA Pada Balita Turun, Ini Strategi Pemkot Surabaya

Surabaya,(DOC) – Dinas Kesehatan Kota Surabaya terus berupaya mengatasi Pneumonia atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pada balita di Kota Pahlawan. Deteksi dini pada setiap balita yang memiliki keluhan batuk dengan/tanpa kesulitan nafas selalu di lakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI), perkiraan kasus Pneumonia pada balita di Kota Surabaya sebanyak 12.900. Sedangkan penemuan kasus Pneumonia pada balita pada periode Januari – Agustus  2022 hanya 8.080 kasus, dengan usia dominan antara 1 – 5 tahun.

“Karena usia tersebut merupakan usia rentan, di mana kekebalan tubuh belum terbentuk secara optimal. Lebih lanjut, berdasarkan deteksi dini ISPA Pneumonia di Surabaya untuk semua usia terdapat 11.512,” kata Nanik, Senin (19/9/2022).

Nanik menjelaskan, penyebab anak – anak dengan usia 1 – 5 tahun terpapar Pneumonia karena sering berinteraksi dengan banyak orang, serta mengunjungi berbagai tempat. Sehingga berisiko terpapar virus/kuman penyebab infeksi saluran pernafasan menjadi lebih besar di banding usia bayi 0 – 1 tahun .

“Kasus Pneumonia pada balita di tahun 2021 sebesar 8.760, sedangkan di tahun 2022 per bulan Agustus sebesar 8.080. Total kasus pada semua usia di tahun 2021 sebesar 17.693, sedangkan tahun 2022 per Agustus sebesar 11.512,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dinkes Kota Surabaya melakukan upaya medis terhadap penderita Pneumonia, khususnya pada penderita balita. Di antaranya, melakukan penatalaksanaan kasus sesuai kondisi klinis dan menelaah faktor – faktor lain yang berpengaruh seperti riwayat imunisasi. “Memperhatikan status gizi serta kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat untuk kemudian juga di berikan intervensi apabila ada yang  belum optimal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nanik meminta masyarakat di Kota Surabaya untuk menekankan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah terjangkit Pneumonia. Yakni, membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun, sebelum dan sesudah beraktivitas.

“Mengkonsumsi makanan bergizi. Melakukan istirahat yang cukup, minum vitamin. Menggunakan masker di tempat tempat umum dan berisiko. Melakukan imunisasi lengkap pada balita, serta menghindari paparan debu, asap rokok dan polusi,” imbuhnya.

Nanik juga mengimbau masyarakat untuk mewujudkan lingkungan/rumah yang bersih dan sehat. Memiliki ventilasi dan pencahayaan matahari, serta bebas asap rokok. Dan selalu melaksanakan protokol kesehatan, mengingat pandemi Covid – 19 belum berakhir. Sebab, penularan Pneumonia memiliki mekanisme yang sama dengan penularan Covid – 19, yaitu penularan melalui udara.

“Bagi yang memiliki balita, pastikan mendapat imunisasi yang lengkap sesuai usia. Memberikan asupan makanan yang cukup dan bervariasi agar status gizi normal,  sehingga imunitas tubuh juga optimal. Jangan terlalu sering di ajak bepergian dan hindari anak di pegang/dicium orang yang sedang batuk/pilek. Serta, hindarkan anak dari debu, asap rokok dan polusi,” tegasnya.

Sedangkan, bagi masyarakat dengan usia dewasa terutama yang memiliki faktor risiko seperti lansia, penderita diabetes dan penyakit immunocompromised lainnya, dapat melakukan vaksinasi influenza secara mandiri setiap satu tahun sekali. “Dan segera periksa ke dokter apabila ada keluhan dan gejala infeksi saluran pernafasan,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga