D-ONENEWS.COM

Kebakaran Hutan di Gunung Lemongan Padam

Lumajang,(DOC) – Kebakaran yang terjadi di hutan Gunung Lemongan yang berada di sisi utara, disalah satu pegunungan Hyang, tepatnya di Desa Alun-Alun, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

Lokasi kebakaran berada di petak 12 hutan lindung RPH Ranuyoso berhasil dipadamkan. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 19 hektar.

Waka KSKPH Perum Perhutani Lumajang, Yus Yaser menegaskan, kejadian kebakaran hutan yang berada di Gunung Lemongan sudah berhasil dipadamkan.

“Petugas gabungan terdiri Koramil, pihak perhutani, LMDH, BPBD, perangkat Desa setempat bersama masyarakat melakukan pemadaman, hasilnya api berhasil dipadamkan,” ujar Yus Yaser ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (22/10/2019).

Sementara itu, Asper/KBKPH Klakah Soegiharto Aries S menghimbau kepada masyarakat, kepada masyarakat untuk terus peduli lingkungan.

“Jangan membersihkan lahan dengan cara pembakaran. Apabila merokok di kawasan hutan, seyogyanya jangan dibuang sembarangan,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, utan di Gunung Lemongan yang memiliki ketinggian 1.651 meter dari permukaan laut (Mdpl) di Kabupaten Lumajang terbakar, Senin(21/10/2019).

Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar pukul 24.00 WIB, warga di blok Wedian melihat kepulan asap sumber api.

“Diduga penyebab kebakaran dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Untuk jenis tanaman yang terbakar seperti jenis tanaman Vegetasi hutan yang terbakar alang alang dan tumbuhan bawah.

“Luas yang terbakar diperkirakan 19 Hektar, yang berhasil dipadamkan 5 hektar,” Kata Wawan Hadi.(imam)

Loading...

baca juga