D-ONENEWS.COM

Kebakaran Peternakan di Kudus, 163 Kambing Mati Terpanggang

Kudus (DOC) – Kebakaran hebat melanda sebuah peternakan kambing di Kudus, Senin (9/9/2019). Akibatnya, sebanyak 163 ekor kambing mati terpanggang di dalam kandang yang terbakar.

“Peternakan kambing milik Kelompok Ternak Umboro dan Kelompok Ternak Merdeka Jaya di lahan bondo Desa blok Kembang Ps 31 dengan luas kurang lebih 950 meter,” kata Camat Mejobo, Harso Widodo.

Peternakan ini berada di Dukuh Krapyak, Desa Kirig, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi pada sekitar pukul 04.30 WIB pagi tadi.

“Dugaan penyebabnya karena korsleting listrik,” imbuh dia.

Perkiraan kerugian yakni 163 ekor kambing mati senilai kurang lebih Rp 244,5 juta, 35 kandang kambing senilai kurang lebih Rp 280 juta ludes terbakar.

Kerugian lainnya yakni warung milik Sunarto senilai kurang lebih Rp 15 juta, tiga unit pompa pertanian senilai Rp 3 juta, gabah kering sejumlah 1 kuintal senilai Rp 500 ribu, pos kamling berikut 1 unit tv, senilai Rp 8 juta, dan instalasi listrik senilai Rp 6 juta.

“Kambing yang masih hidup 54 ekor. Perkiraan total kerugian materiil Rp 557.000.000,” katanya.

Kebakaran telah dipadamkan oleh BPBD Kudus dan Satpol PP Kabupaten Kudus. Pihak kecamatan berencana melaporkan kebakaran ini secara tertulis dan koordinasikan dengan pihak terkait.

“Dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus khususnya penanganan pascakebakaran, baik untuk rencana pemasangan pal listrik maupun rencana pemberian bantuan ternak kambing bagi petani yang terkena musibah kebakaran,” tambahnya.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga