D-ONENEWS.COM

Kelola Data Kualitas Udara Dan Kondisi Fisik Jalan, UNUSA Luncurkan Mobil Data Cerdas

Surabaya,(DOC) – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) luncurkan pengembangan mobil data cerdas, Jumat(16/8/2019). Mobil tersebut mampu mendeteksi data soal kualitas udara, kemacetan dan kondisi fisik jalan raya.

Alat pendeteksi mobil data cerdas ini berupa sejumlah sensor yang dipasang di bagian atap mobil. Sensor tersebut berfungsi melaporkan data kualitas udara secara real time untuk membantu Dinas Lingkungan Hidup.

“Mendatanya berdasarkan tempat dan waktu terjadinya tingkat polusi tinggi. Sensor akan mendeteksi kadar CO, CO2, PM10, SO2 dan NO2,” ungkap Muhammad Nuh Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsis).

Untuk info lalu lintas, data yang dikelola berupa kondisi fisik jalan seperti jalan rusak atau berlubang. Sedangkan untuk traffic, data yang dilaporkan secara real time berupa gambar lokasi kemacetan lengkap berserta penyebabnya.

“Data merupakan pokok penting untuk menyelesaikan masalah. Tapi selama ini tak dihiraukan. Mobil Data Cerdas ini bisa menjadi salah satu solusinya bagi kota-kota besar seperti Surabaya dalam mewujudkan smart city di era digital dengan merawat data,” tandasnya.

Sementara itu, Prof DR Ir Achmad Jazidie, Rektor UNUSA menyatakan, pengembangan Mobil Data Cerdas ini hasil kerjasama dengan salah satu perusahaan cyber di Indonesia.

“Harapannya kehadiran mobil Data Cerdas ini bisa meng edukasi masyarakat akan pentingnya sebuah data dalam memulai kegiatan,” katanya.(hadi/r7)

Loading...