D-ONENEWS.COM

Kemensos Bantu Pengidap Cerebral Palsy

Musi Banyuasin, (DOC) – Kementerian Sosial (Kemensos) memberi berbagai bantuan untuk M Ali (37) pengidap cerebral palsy sejak kecil.
Warga Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan tersebut, hanya terbaring di lantai karena tak bisa menggerakkan tubuhnya dan tak dapat bicara.

Aktivitas keseharian M Ali, selama ini di bantu kedua orangtuanya, Rusli (73) dan Fatimah (63). “Untuk kebutuhan makan dan memandikan Ali, saya bergantian dengan istri. Sesekali Ali kami dudukan atau sandarkan supaya tidak bosan,” kata Rusli.

Awalnya M Ali lahir normal. Namun di usia enam bulan, tubuhnya mengalami kejang dan demam. Saat menginjak usia 9 bulan, kondisinya semakin memburuk. Ali mengalami kelumpuhan pada kedua kakinya, tak bisa menggerakan tubuh dan tak dapat berbicara hingga sekarang.

Mengetahui itu, Kemensos melalui Sentra Budi Perkasa memberikan perhatian dan berbagai bantuan bagi M Ali dan keluarganya.

M Ali di bawa ke RSUD Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin untuk menjalani pemeriksaan, perawatan dan penanganan lanjutan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, M Ali di diagnosis mengalami kondisi pengecilan otak hingga kemunduran fungsi otak serta penurunan syaraf motorik.

“M Ali sudah di tangani dengan pemberian obat kejang untuk tiga tahun ke depan, dengan konsumsi rutin dan teratur. M Ali akan di lakukan kontrol medis dan terapi fisioterapi, yang di rencanakan di terapkan secara berkala di RSUD Sekayu,” ucap dr. Nursaenah selaku dokter RSUD Sekayu.

Terhadap keluarga Rusli, setelah di asesmen, di nyatakan kurang mampu merawat Ali karena secara ekonomi keluarga serba kekuarangan. Rusli yang sehari-hari bekerja sebagai penarik becak, tidak bisa lagi optimal menjalankan pekerjaannya karena faktor usia.

Bantuan ATENSI

Merespon itu, Sentra Budi Perkasa memberikan bantuan ATENSI kepada keluarga M. Ali, termasuk penambahan gizi, nutrisi, dan perlengkapan kebersihan.

Sementara Ibu Fatimah, mendapat dukungan kewirausahaan berupa warung sembako dan menjual makanan ringan. “Terima kasih Kemensos. Dukungan Kemensos sangat berarti bagi kami,” ungkap Ibu Fatimah.

Kemensos akan terus berkomitmen untuk memantau M.Ali. Selain itu, Menteri Sosial juga selalu mendukung perkembangan usaha Ibu Fatimah agar dapat menghadapi tantangan ini dengan lebih baik. (r7)

Loading...

baca juga