D-ONENEWS.COM

Kemensos RI Terima Bantuan Dua Miliar dari CT ARSA dan Dompet Amal Transmedia

CT Arsa Foundation salurkan bantuan 2 milliar ke kemensos riJakarta,(DOC) – Dalam semangat Indonesia Tumbuh dan Indonesia Tangguh, Kementerian Sosial terus gencar menggandeng pihak swasta dalam upaya penanganan dampak pandemi Covid-19. Menteri Sosial Tri Rismaharini menerima secara simbolis bantuan Rp2 miliar dari CT ARSA Foundation dan Dompet Amal Transmedia, di Jakarta, Rabu(18/08/2021).

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada CT ARSA Foundation dan Dompet Amal Transmedia yang telah peduli dan membantu pemerintah melalui kami Kementerian Sosial untuk penanganan pandemi Covid-19 melanda di Indoneia. Bantuan ini kita berikan terutama kepada tenaga kesehatan, pekerja sosial, petugas makam, dan masyarakat yang memang terkena dampak langsung pandemi,” kata Mensos Risma.

Mensos mengatakan, bantuan tersebut direalisasikan dengan pendirian Dapur Umum yang sudah 23 hari beroperasi selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dengan tenaga dari relawan taruna Siaga Bencana (Tagana), Dapur Umum memproduksi makanan siap saji dan telur rebus yang didistribusikan secara kolektif.

“Bantuan telah disalurkan ke beberapa wilayah dan sudah selesai sebetulnya. Kemarin selama PPKM kita prioritaskan bantuannya segera disalurkan, dan sekarang baru seremonialnya (penyerahan simbolis),” ucapnya.

Sejak akhir Juni 2021, Kementerian Sosial telah mengoperasikan Dapur Umum di berbagai wilayah di Indonesia yaitu di Gedung Konvensi TMPNU Kalibata Jakarta, Halaman Gedung Convention Hall Surabaya, dan Dinas Sosial Kabupaten Klaten.

Selain itu Dapur Umum didirikan di UPT Kementerian Sosial di Balai-balai di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor, Sukabumi, Bandung, Pati, Surakarta, Yogyakarta, dan Bali. Sementara di luar Jawa dan Bali, Dapur Umum juga didirikan di wilayah Medan, Bengkulu, Makassar, Ternate, Gowa, Manado, Takalar, Kupang, dan Kendari.

Sekretaris CT ARSA Foundation sekaligus Direksi Transmedia Latif Harnoko mengatakan, masalah (pandemi) ini bukan Indonesia saja tetapi seluruh dunia sehingga dengan bantuan ini diharapkan dapat membantu kelanjutan bangsa Indonesia agar roda ekonomi dan kesehatan masyarakat dapat terus berjalan.

“Mudah-mudahan bantuan dari Bu Mensos (dalam pendistribusian bantuan) akan mempermudah masyarakat yang terdampak,” kata Latif.(robby/hm)

Loading...

baca juga