D-ONENEWS.COM

Ketua Satgas Covid-19 ITS: 18 Orang Terinfeksi, 5 Meninggal Dunia

Surabaya (DOC) – Ketua Satgas Covid-19 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Adjie Pamungkas, mengungkapkan data resmi kasus corona di lingkungan kampusnya kini berjumlah 18 orang per 26 Desember 2020.

Adjie mengatakan, dari total 18 orang yang terinfeksi, 11 orang dia antaranya menjalani isolasi mandiri. Dengan rincian enam orang dosen, satu orang mahasiswa dan empat orang tenaga kependidikan (tendik).

“Kemudian klasifikasi positif dengan tindakan rawat inap terdapat tujuh orang. Dengan rincian empat orang dosen, dua orang mahasiswa dan satu orang tendik,” kata Adjie, dilansir dari CNN Indonesia, Senin (28/12).

Sementara itu, Lanjut Adjie, untuk kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di ITS, terhitung sejak awal pandemi sampai hari ini, tercatat ada lima orang.

“Lima orang tersebut rinciannya adalah tiga dosen, satu mahasiswa dan satu tenaga kependidikan,” katanya.

Data tersebut, kata dia, mengalami peningkatan di akhir bulan Desember 2020. Maka itu, Satgas Covid-19 ITS pihaknya melakukan lockdown sejak 24 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021.

Selain untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang semakin meluas, lockdown diterapkan agar bisa pihaknya bisa melakukan sterilisasi di seluruh lingkungan kampus ITS.

“Sehingga pada awal tahun nanti diharapkan kasus dapat semakin berkurang dan lingkungan kampus kembali steril serta aman digunakan oleh sebagian dosen dan karyawan untuk piket kantor atau dengan pembatasan ketat kegiatan di kampus,” ucapnya.

Adjie berharap, masyarakat dan sivitas tak panik, dan tidak mudah percaya pada informasi hoaks yang belakangan beredar. Sebab, kata dia, lockdown yang dilakukan pihaknya menimbulkan desas-desus dan kabar yang tak benar.

“Kepada masyarakat agar tidak terlalu percaya pada berita-berita hoax yang tersebar di luaran sana, jika sumbernya tidak jelas dan bukan dari pihak ITS langsung,” katanya.

Rektor ITS Surabaya Prof Mochamad Ashari, dikabarkan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Kepala Unit Komunikasi Publik (UKP) ITS, Anggra Ayu Rucitra mengatakan hal itu diketahui setelah Prof Ashari melakukan swab tes dam hasilnya keluar Jumat (25/12).

“Kami menyampaikan bahwa Rektor ITS Prof Mochamad Ashari dinyatakan positif Covid-19. Beliau dinyatakan positif setelah melakukan tes usap,” kata Anggra.

Anggra mengungkapkan Prof Ashari, saat ini dalam kondisi baik dan sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Surabaya. Ia pun memohon doa agar sang rektor segera diberi kesembuhan. (cnn)

Loading...

baca juga