D-ONENEWS.COM

Kodam V Brawijaya Siap Kirim Pasukan ke Palu dan Donggala

Surabaya,(DOC) – Kodam V Brawijaya siap mengirim pasukannya di lokasi bencana gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah(Sulteng).

Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Arip Rahman, mengatakan, pasukan komando TNI di Jawa Timur siap membantu proses rekonsiliasi di kota Palu dan kabupaten Donggala pasca gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat(28/9/2018) sore.

“Pasukan Kodam V Brawijaya ini siap. Saat ini Batalyon 516 tengah berada di Lombok. Lalu, Batalyon 500 Raider baru kembali dari Papua. Jadi kami siap memberangkatkan pasukan,” kata Mayjend TNI AD, Arip Rahman, disela acara persiapan perayaan HUT TNI bersama pimpinan media se-Jatim, dilapangan Makodam, Minggu(30/9/2018) pagi.

Sekarang ini, kata Pangdam, jajaran Korem-Korem seluruh Jawa Timur tengah mengumpulkan bantuan logistik untuk dikirim ke lokasi bencana.

“Jajaran Korem-Korem di Jatim tengah mengumpulkan bantuan logistik untuk dikirim hari Senin(1/10/2018) besok. Karena kebetulan besok ada kapal yang berangkat ke sana(Sulteng,red). Jadi bantuan logistik itu akan kita distribusikan ke lokasi bencana,” ungkqp pria yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer(Akmil) ini.

Pangdam V Brawijaya juga menjelaskan, bahwa para personilnya dari 2 Batalyon dengan kemampuan multifungsi juga disiapkan untuk berangkat langsung ke lokasi bencana.

“Batalyon 500 Raider siap, Batalyon Kavaleri siap, Batalyon Arhanud siap. Mereka sudah siap untuk evakuasi maupun pendistribusian logistik. Bahkan, di Malang kita juga ada Batalyon Seni yang kalau dibutuhkan siap juga,” pungkas Mayjend TNI Arip Rahman.(rob/r7)

Loading...

baca juga