D-ONENEWS.COM

Komisi C Minta Desain Jembatan Joyoboyo di Lombakan

foto : Baktiono Ketua Komisi C DPRD Surabaya

Surabaya,(DOC) – Pembangunan Jembatan Joyoboyo yang dianggarkan Rp 40 milliar masih menuai protes dari Komisi C DPRD Surabaya karena desainnya yang terkesan meniru bentuk Jembatan Suroboyo.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Baktiono meminta agar desain di bahas ulang dengan melibatkan para seniman, akademisi dan masyarakat. Menurut dia, harapan kedepan Jembatan Joyoboyo tersebut bisa menjadi icon kota Surabaya.

“Ded (Detail Engineering Design,red) Jembatan Joyoboyo seperti meniru. Jadi perlu  semua pihak dilibatkan mulai masyarakat, akademisi, arsitek, tim ahli, sejarawan dan seniman untuk mendesain ulang jembatan Joyoboyo,” kata Baktiono.

foto : desain Jembatan Wonokromo penghubung jalan Pulo Wonokromo ke jalan Gunungsari(dok)

Posisi letak jembatan Joyoboyo itu tepat di pintu masuk kota Surabaya, sehingga Baktiono berharap bukan hanya sekedar menjadi icon kota, tapi juga bisa memiliki makna atau nilai sejarah yang dapat menjadi kebanggaan tersendiri.

“Supaya bisa menjadi salah satu pusat perhatian masyarakat atau pihak luar yang datang ke Surabaya. Desainnya kalau bisa mampu membuat mata terpukau,” tandasnya.

Ia menyarankan agar Pemkot Surabaya melombakan pembuatan desain Jembatan Joyoboyo.

Menurut Baktiono, jangan sampai ada kesan bahwa Pemkot Surabaya hanya bisa membangun tanpa bisa menciptakan desain yang menarik hingga dikenal di seluruh penjuru.

“Kalau sudah seperti itu, maka Jembatan Joyoboyo nanti tidak akan bisa menjadi icon Surabaya,” pungkas politisi PDIP ini.(robby/adv)

Loading...

baca juga