D-ONENEWS.COM

Konjen Jepang Surabaya Kucurkan Dana Hibah Bangunan Sekolah MI

hibah_jepang2Jember,(DOC) – Konsulat Jepang (Konjen) Surabaya kembali menyalurkan bantuan hibah di dunia pendidikan dengan membangun gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Jember Jawa Timur.
MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Tamansari ini merupakan sasaran dari Program Bantuan Hibah untuk Keamanan Manusia Tingkat Akar Rumput atau Grant Assistance for Grass-Roots Human Security Projects (GGP).
Nilai proyek hibah sebesar Rp.994.180.000 dan MoU kerjasama ditandatangani pada 22 Maret 2016 lalu.
Gedung sekolah tersebut diresmikan, Kamis(5/1/2017) kemarin dan dihadiri oleh Yoshiharu Kato, Konjen Jepang di Surabaya, Asisten II Bagian Perekonomian, Oerip Santoso mewakili Bupati Jember dan Muhammad Fakhrur Rozi, Kepala Kantor Kementrian Agama Jember.
Dengan bantuan ini, MI Ma’arif 41 Tarbiyatul Islamiyah Tamansari mendapat tambahan 5 ruang kelas, ruang perpustakaan, pengadaan meja kursi siswa dan guru, papan tulis serta lemari dan meja kursi perpustakaan.
“Hibah ini semakin mempererat hubungan Jepang dengan Indonesia. Jepang yang memiliki sistem pendidikan yang maju diharapkan bisa menularkan sistem pendidikan di Indonesia,” ungkap Muhammad Fakhrur Rozi.
Dalam kesempatan itu, Bupati Jember, Hj. Faida menyambut baik sinergi pendidikan antar Negara ini.
“Pemkab Jember menyambut baik sinergi dengan Pemerintah Jepang dalam bidang pendidikan, untuk meningkatkan pendidikan faktor sarana dan prasarana erat kaitannya dengan pengembangan diri, ucap Asisten 2 Bagian Perekonomian, Oerip Santoso, membacakan sambutan Bupati Jember,
Sementara itu, terpisah, Konjen Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato mengatakan, bantuan hibah proyek fisik gedung sekolah ini diharapkan tidak ber-efek sesaat saja.
“Bantuan Hibah Jepang untuk keamanan manusia tingkat akar-rumput ini merupakan itikad baik dari masyarakat Jepang kepada masyarakat Indonesia yang sudah memiliki persahabatan yang erat dengan Jepang dan berdoa agar bantuant tersebut berefek dalam jangka panjang,” pungkasnya, Jumat(6/1/2017).(rob7)

Loading...

baca juga