D-ONENEWS.COM

Kopi Robusta Organik Pasrujambe Tembus Pasar Dunia, Ekspor ke Turki, Korea dan Thailand

Lumajang,(DOC) – Hasil Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) produk kopi robusta organik yang dikelola selama satu bulan oleh pengusaha asal Lumajang, Achmad Fuad Afdol, kini telah mampu menembus pasar di luar negeri.

“Kita sudah mengekspor kopi robusta ke Thailand, Turki dan Korea Selatan,” ungkap Achmad Fuad.

Fuad menjelaskan, awalnya dirinya bermain ke Pasrujambe, ketika bertemu dengan kepala Desa dan disuguhi kopi enak. “Bilangnya kepala desa, itu kopi organik,” ceritanya.

Selang beberapa waktu bertemukan kelompok tani, saat itu mengobrol tentang penjual tentang kopi.

“Akhirnya disana untuk mendekatkan ke Pasar dengan Produk kopi organik, dari pasar itulah minat selalu besar karena prodaknya organik dan jarang dipasarkan.,” ujar Fuad.

Setalah mendapatkan masukan, salah satu pegiat UMKM Achamad Fuad Afdol menggandeng petani lokal memproduksi kopi unggulan kelas super premium untuk bisa dikenakan ke daerah lain hingga keluar negeri.

“Atas dasar itulah saya menggandeng petani lokal bagaimana cara memproduksi kopi yang berkualitas kelas super premium bersama BUMdes,” jelas Fuad.

Kopi dari petani dikirim ke BUMdes, dari Bumdes kemudian dibeli melalui PT. Media Bergerak Nusantara. Kemudian dari PT. Media Bergerak Nusantara dipasarkan ke Lokal Lumajang, luar kota Lumajang, dan luar pulau, bahkan Manacenegara.

“Yang kita kirim, Thailand, Turki, Korea Selatan, untuk luar pulau sendiri Medan, Pekanbaru, Denpasar, Makasar, Pontianka, Papua, dan NTB, sedangkan Jawa Timur surabaya, Banyuwangi, Probolinggp, Malang, Jember, dll,” tuturnya.

Untuk harga bervariasi setiap jenis harga Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribi isi 125 gram untuk konsumen lokal dengan sistem penjualan reguler atau konversional. Khusus untuk konsumen kelas premium dijual dengan sistem berjaringan.

“Untuk harga penjualan di Pasar lokal Lumajang dan luar negeri harga sama yakni isi 125 gram,” ujar Fuad.

Ia menambahkan, selain kualitas untuk meningkatkan harga jual. Ia membuat kemasan dengan cara menarik dalam menjual produk hasil olahan kopi robusta organik.

“Pangsa pasar lebih banyak main ke luar daerah, karena segi daya beli lebih bagus dan kesempatan saya untuk mengenalkan kopi lokal ke daerah lain,” pungkas Fuad. (imam)

Loading...

baca juga