D-ONENEWS.COM

Pelaku UMKM di Lumajang Dapat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga

Lumajang, (DOC) – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mendapatkan fasilitasi untuk mengajukan pinjaman modal usaha tanpa bunga.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq), saat menyerahkan sertifikat halal secara simbolis dan pencairan pinjaman modal usaha tanpa bunga bagi pengusaha UMKM di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (25/1/2023).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa pinjaman tersebut merupakan program kolaborasi Bank Jatim Cabang Lumajang dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang.

“Panjenengan nanti bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa bunga, tanpa biaya administrasi. Untuk pinjaman mulai 10 juta sampai 30 juta bisa diajukan ke Bank Jatim. Sedangkan, pinjaman di bawah 10 juta ke Bank UMKM Jatim,” kata dia.

Selain itu, ia juga menyampaikan, bahwa proses pinjaman bagi para pelaku UMKM di Lumajang, nantinya akan dibantu oleh Rumah Kita Berdaya (RKB). Sementara, disisi lain Lembaga Halal Center Cendikia Muslim juga turut bergerak melakukan edukasi halal kepada para pelaku UKM.

“Halal Center Cendikia Muslim juga ikut membantu untuk supaya produk-produk yang dijual oleh pelaku UKM bisa disertifikasi halal,” ujarnya.

Cak Thoriq berharap, agar program pinjaman modal usaha tanpa bunga tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Ini penting bagi kita semunya, insyaallah dengan pinjaman bunga 0 persen yang disubsidi oleh Baznas, kemudian UKM yang telah disertifikasi halal, mudah-mudahan akan menjadi perdagangan yang barokah,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan 500 sertifikat halal kepada Pelaku UMKM yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pusat. (Imam/r7)

Loading...

baca juga