D-ONENEWS.COM

KPU Sosialisasi Proses Pilkada Ke Media Lingkup PWI

Surabaya,(DOC) – Sehari menjelang pembukaan kembali masa pendaftaran pasangan calon dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya kembali menggelar sosialisasi., Sosialisasi digelar di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Jumat (31/7/2015), dengan mengundang sejumlah perwakilan media massa di Surabaya.

Dalam sosialisasi ini, KPU Surabaya diwakili oleh Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Pengembangan Informasi, Nur Syamsi dan Komisioner  Bidang  Hukum,  Pengawasan,  dan  SDM, Purnomo Satriyo Pringgodigdo.

Menurut Nur Syamsi, sosialisasi kali ini ditujukan untuk perwakilan media massa karena media mempunyai peran penting dalam menginformasikan segala perkembangan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya kepada publik.

“Media massa sebagai salah satu pilar demokrasi, juga berperan penting dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait perkembangan penyelenggaaan Pilwali 2015 kali ini,” kata Nur Syamsi.

Di hadapan insan pers ini, Nur Syamsi menyatakan bahwa pendaftaran pasangan calon telah berakhir pada 28 Juli 2015 lalu. Namun karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, maka masa pendaftaran telah diperpanjang dan akan dimulai lagi pada 1 hingga 3 Agustus 2015.

“Ada atau tidak, pada tanggal tersebut kami akan stand by untuk melayani pasangan calon yang akan mendaftar. Tetapi kami berharap para pelaku media dapat membantu menginformasikan kepada masyarakat mengenai perpanjangan pendaftaran calon walikota dan wakil walikota ini,” lanjutnya.

Ketua PWI Jatim Achmad Munir mengungkapkan, minimnya pasangan calon pendaftar dalam Pilwali Surabaya benar-benar di luar dugaan. Sebab, dari 10 parpol di Surabaya yang memiliki kursi di DPRD, hanya satu parpol saja yang mengusung calonnya.  “Sebenarnya ini cukup ironis. Maka harapan kami, sebagai masyarakat pers, media turut mendorong agar ada solusi terhadap permasalahan ini,” kata Munir.

Kepala biro kantor berita Antara Jawa Timur ini juga berharap agar KPU Surabaya makin solid di tengah situasi politik yang belum menentu ini. “Semoga KPU tidak kehilangan gairah agar persoalannya tidak semakin kompleks. Lagipula kalaupun hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, kesalahan bukan ada pada KPU. KPU sudah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan partai politik dengan maksimal,”katanya.(r7)

Loading...