D-ONENEWS.COM

KPU Surabaya Butuh 459 Orang Petugas PPS, Segera Daftar

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya melanjutkan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kali ini KPU membuka pendaftaran Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak Minggu(18/12/2022) kemarin, sampai Selasa(27/12/2022) mendatang.

Petugas PPS yang di butuhkan, masing-masing 3(tiga) orang di setiap kelurahan se-kota Surabaya.

Komisioner KPU Kota Surabaya, Subairi menjelaskan, Surabaya memiliki 153 kelurahan yang nantinya akan di isi oleh petugas PPS. Masing-masing tiga orang.

“Awalnya ada 154 (kelurahan) se-Surabaya. Kemudian ada penggabungan di Kelurahan Perak dan Perak Timur menjadi Kelurahan Tanjung Perak. Sehingga di wilayah Kecamatan Pabean Cantikan jumlah petugas PPS nya berkurang, mengikuti penggabungan itu,” jelas Subairi, usai sosialisasi dengan para awak media di Amaris Hotel Surabaya, Senin(19/12/2022).

Menurut Bairi, total petugas PPS yang di butuhkan oleh KPU kota Surabaya sebanyak 459 orang. Mereka akan menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 nanti.

“Tiap kelurahan di ambil tiga orang PPS. Sehingga total ada 459 orang yang di butuhkan,” katanya.

Ia menambahkan, salah satu syarat pendaftaran PPS, yakni harus menyertakan surat sehat lengkap. Melampirkan hasil tensi darah, gula darah hingga kolesterol. Termasuk sertifikat vaksin COVID-19.

Persyaratan ini untuk mengantisipasi kejadian yang tak di ingkan seperti pada Pemilu 2019 lalu. Mengingat saat itu, sambung Subairi, banyak penyelenggara Pemilu di tingkat PPK dan PPS yang sakit hingga meninggal dunia.

“Jadi kita bisa memprediksi dari awal. Bahwa yang bersangkutan benar-benar dalam kondisi sehat,” pungkasnya.(robby)

Loading...

baca juga