D-ONENEWS.COM

KPU Surabaya Imbau Parpol Segera Ajukan Bacalegnya, Pendaftaran Kurang 4 Hari

Surabaya,(DOC) – Pendaftaran pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya akan di tutup pukul 24.00 WIB pada Minggu(14/5/2023) nanti.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengimbau seluruh partai politik peserta Pemilu 2024 segera memenuhi tahapan pengajuan Bacaleg sampai waktu di tentukan.

“Pengajuan Bacaleg itu hak sepenuhnya Parpol. sehingga KPU hanya mengimbau kepada Parpol untuk segera mendaftarkan Bacalegnya,” ujar Nur Syamsi, Rabu(10/5/2024).

Menurut Nur Syamsi, terdapat 18 Parpol yang akan menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang. Di tambah 3(tiga) Parpol lokal yang nanti juga di perbolehkan ikut Pemilu.

Pengajuan Bacaleg yang di tetapkan oleh KPU RI, merupakan tahapan yang harus di penuhi oleh masing-masing Parpol. “Itu regulasi undang-undang KPU RI. Bagi yang tidak mengajukan Bacaleg sampai jadwal itu berakhir, menjadi hak Parpol. Undang-undangnya hanya memberi ruang bagi yang mengajukan atau yang tidak mengajukan Bacaleg,” tandas Nur Syamsi.

Ia juga menyinggung soal bakal calon yang sudah di tetapkan oleh partai dan melakukan sosialisasi ke masyarakat.

“Masa kampanye itu 3 hari setelah penetapan DCT (Daftar Calon Tetap). Kalau sekarang ruang yang di berikan Undang-undang adalah sosialisasi terhadap Parpol yang telah di tetapkan,” tandasnya.

Nur Syamsi hanya mengingatkan tempat atau lokasi yang tidak di perbolehkan untuk melakukan kegiatan sosialisasi atau kampanye.

“Kami ingin sosialisasi di lakukan dengan baik sesuai undang-undang,” pungkasnya.

Sementara itu, PDIP dan Nasdem di jadwalkan mendaftarkan Bacalegnya pada hari Kamis(11/5/2023). Jadwal tersebut sudah di sampaikan ke KPU Surabaya.

Menurut Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono, partainya sudah tuntas menyusun daftar nama Bacaleg. dan siap di ajukan ke KPU. “Besok,Kamis(11/5/2023). Pukul 13.00 WIB kami daftar,” katanya.

Pendaftaran akan di lakukan dengan jalan kaki dari kantor DPC PDIP di Jalan Setail. Sedangkan para Bacaleg akan di antar ratusan kader partai. Di iringi dengan beragam atraksi seni dan festival kebudayaan. “Ini sesuai dengan semangat partai dalam memajukan kebudayaan daerah,” kata Adi.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan Soeprayitno mengatakan siap menyambut kedatangan Parpol.

“Kami sudah mendapat jadwal pendaftaran setiap Parpol. Memang ramainya empat hari terakhir,” katanya.

Ia mengakui, bahwa banyak faktor yang membuat Parpol mendaftar di hari-hari terakhir. Mengingat harus melengkapi dokumen persyaratan calon yang masih terjadi dinamika di internal Parpol.

Terutama menyangkut soal bongkar pasang nomor urut Bacaleg dan Parpol harus menata ulang Bacalegnya di lima dapil. “Beberapa seperti itu. Tapi ini masalah internal Parpol,” tutupnya.(r7)

 

Loading...

baca juga