D-ONENEWS.COM

Kurang Tidur Bisa Bikin Kecerdasan Anak Berkurang

Jakarta (DOC) – Sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak yang duduk di sekolah dasar dan tidur kurang dari sembilan jam per hari berisiko mengalami perbedaan memori dan kecerdasan dibanding mereka yang cukup tidur.

Hasil penelitian tim University of Maryland School of Medicine (UMSOM) mengaitkan masalah kesehatan mental seperti stres, kecemasan dan perilaku impulsif di antara anak-anak yang kurang tidur dibandingkan dengan mereka yang tidur antara sembilan dan 13 jam.

Tim peneliti menganalisis informasi yang dikumpulkan dari lebih dari 8.300 anak berusia sembilan hingga 10 tahun yang berpartisipasi dalam studi Perkembangan Otak Remaja (ABCD).

“Kami menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari sembilan jam semalam mengalami pengaburan di area otak yang mengontrol perhatian, memori, dan penghambatan dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur,” kata penulis studi Professor Ze Wang dilansir dari Wion News.

Studi ini adalah salah satu yang pertama menunjukkan kemungkinan efek jangka panjang dari kurang tidur pada perkembangan neurokognitif anak-anak.

“Perbedaan ini bertahan setelah dua tahun, menunjukkan bahaya jangka panjang bagi anak-anak yang tidak cukup tidur,” tambah Professor Ze Wang lagi.

Loading...