D-ONENEWS.COM

Pemerintah Arab Saudi Bersiap Sambut Jemaah Umrah Luar Negeri

Jakarta (DOC) – Pemerintah Arab Saudi bersiap menyambut rombongan pertama jemaah umrah asing, menandai dimulainya musim Umrah baru. Perusahaan dan institusi layanan Umrah mulai mengeluarkan visa untuk jemaah Umrah, yang memiliki masa berlaku tiga bulan atau 90 hari.

Langkah tersebut merupakan yang pertama kali dalam peraturan baru Kementerian Haji dan Umrah.

Wakil Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hani Al-Amiri membenarkan kesiapan perusahaan dan institusi lokal untuk menerima jemaah haji musim baru mengatakan bahwa lebih dari 500 perusahaan dan institusi Saudi yang memenuhi syarat akan memberikan layanan kepada jamaah haji, sementara lebih dari 2.000 agen eksternal yang memenuhi syarat dari semua negara di dunia diakreditasi oleh Kementerian Haji dan Umrah.

“Peran panitia adalah mengkoordinasikan antara sektor haji dan umrah bersama dengan instansi pemerintah, mengajukan proposal dan menangani masalah yang mungkin terjadi,” tukas Hani.

Visa Umrah memungkinkan peziarah luar negeri untuk melakukan perjalanan ke semua provinsi di Arab Saudi sesuai waktu yang ditentukan.

Sebelumnya, menurut keterangan pemerintah Arab Saudi, pemohon visa wajib mengikuti vaksinasi covid-19 yang diakui pemerintah Arab Saudi, serta memiliki sertifikat vaksinasi lengkap diakui oleh negara masing-masing untuk memastikan pencegahan penularan Covid-19.

Sementara itu, seperti dilaporkan SPA, jemaah umrah dari dalam dan luar Arab Saudi bisa melakukan umrah dan haji ke Masjid Nabawi mulai 30 Juli. Perusahaan agen umrah dan haji juga diingatkan untuk melampirkan dokumen registrasi bisnis, keanggotaan IATA dan dokumen terkait.

Pengumuman ini muncul, setelah Arab Saudi mengumumkan keberhasilan penyelenggaraan musim haji 1443 Hijriah tanpa mencatat adanya penyebaran Covid-19 di kalangan jemaah haji.

Gubernur Makkah Pangeran Khalid Al-Faisal mengatakan keberhasilan itu adalah hasil kerja sama yang erat antara keamanan, kesehatan, dan pasukan lainnya selama musim haji kali ini.

“Dengan izin Allah, hasil perencanaan yang matang dan kerjasama semua pihak yang terlibat, dengan ini saya umumkan keberhasilan musim haji 1443 Hijriah,” katanya.

Loading...