D-ONENEWS.COM

Lagi! Curanmor Obok-obok Kawasan Balai Kota, Motor Petugas Kebersihan Jadi Sasaran

Surabaya,(DOC) – Aksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) kembali terjadi di kantor Pemkot Surabaya, Minggu(16/4/2023) pagi. Aksi pencurian motor itu kembali terekam CCTV, alhasil sebuah motor Vario 125 dengan plat nomor L6713ZH raib di gondol pelaku yang berjumlah dua orang.

Korban yang bernama Sugianto menceritakan, awalnya ia memarkir kendaraannya di depan kantor eks- Bagian Humas, Jalan Jimerto, kompleks Pemkot Surabaya. Sugianto yang merupakan petugas kebersihan lantas bekerja menyapu di Jalan Jaksa Agung Suprapto, tak jauh dari tempat ia memarkir kendaraannya.

“Saya tiba di lokasi sekitar pukul 05.00 WIB. Saya langsung bekerja menyapu,” kata Sugianto di temui pasca kejadian.

Terlihat dari rekaman CCTV di lokasi, pelaku yang berjumlah dua orang lantas melintas sekitar pukul 05.40 WIB. Berboncengan dengan menggunakan motor matic, kedua pelaku lalu berhenti tak jauh dari motor yang di parkir korban.

Seorang pelaku merupakan joki motor mengenakan pakaian putih dengan helm hitam. Pelaku lainnya merupakan eksekutor mengenakan jaket hitam setrip merah dan masker tanpa helm.

Setelah mengamati kondisi parkir yang sepi, pelaku lantas melakukan aksinya. Dengan menggunakan alat sederhana. Pelaku membongkar kunci gembok di cakram motor dan kemudian menyalakan motor.

Dalam tempo kurang dari 30 detik, Vario tahun 2021 pun di bawa kabur. “Sebenarnya sudah saya kunci ganda dengan gembok cakram. Ternyata, masih bisa di bawa,” kata warga Tambak Asri Surabaya ini.

“Sudah kami laporkan ke kepolisian di Polsek Genteng,” tambahnya.

Kejadian pencurian motor di lingkungan kantor Pemkot Surabaya ini bukan kali pertama terjadi sebulan terakhir. Tiga minggu sebelumnya, kejadian pencurian di lingkungan Pemkot Surabaya juga terjadi sekitar pukul 17.48 WIB,  Sabtu(25/3/2023) petang.

Peristiwa itu juga terjadi di parkiran depan kantor eks Bagian Humas Pemkot Surabaya. Dari rekaman CCTV, awalnya pelaku yang berjumlah dua orang datang berboncengan dengan menggunakan motor scoopy warna merah tanpa memakai helm.

Sebelum menggasak motor korban, kedua pelaku yang memakai topi sempat memarkirkan kendaraannya di depan eks Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya. Pelaku pertama memakai jaket biru dongker bertindak sebagai eksekutor. Ia terlihat mondar-mandir mengamati situasi sekitar.

Pelaku lain merupakan joki. Saat keadaan sepi, eksekutor kemudian mendekati motor CRF atau trail milik ASN dan merusak rumah kunci kendaraan.

Setelah motor menyala, pelaku bergegas tancap gas dan membawa kabur motor CRF dengan Plat nomor W 3176 NBK. Korban pun telah melaporkan aksi pencurian yang menimpanya ke Polsek Genteng, Polrestabes Surabaya.(ang/r7)

Loading...

baca juga