D-ONENEWS.COM

Layanan Adminduk Harus Jangkau Desa Terpencil

Lumajang,(DOC) – Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M.Si., meminta agar pelayanan Administrasi Kependudukan mampu menjangkau Desa terpencil yang jauh dari Kantor Kecamatan.

Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Layanan Adminduk Tuntas di Kecamatan, yang diikuti Operator SIAK Tahun 2019, di Panti PKK Kab. Lumajang, Rabu(20/3/2019).

Wakil Bupati yang akrab dengan sapaan Bunda Indah itu, menargetkan agar tahun ini semua warga Lumajang yang memenuhi syarat harus punya KTP.

“Semua harus tuntas, semua masyarakat yang sudah waktunya ber KTP harus punya semua di tahun ini,” harapnya.

Bunda Indah mengucapkan terimakasih kepada Dispendukcapil Kabupaten Lumajang yang saat ini sudah bekerja keras menuntaskan pelayanan adminduk di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang.

“Saya terima kasih kepada dispenduk capil yang sudah memenuhi harapan masyarakat, meskipun belum 100% paling tidak butuh kecepatan dan ketepatan lagi. Oleh karena itu butuh inovasi lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bunda Indah sempat menyinggung terkait meningkatkatnya penilaian Ombudsman RI terhadap Pemerintah Kabupaten Lumajang. Semula, Kab. Lumajang mendapat nilai 22 pada tahun lalu, namun sekarang menjadi 77.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Akhmad Taufik Hidayat, S.H, M.Hum., menyampaikan, bahwa Dispendukcapil Kabupaten Lumajang akan memaksimalkan pelayanan dengan cepat.

Salah satu yang menjadi Inovasi yang akan diterapkan adalah penggunaan tanda tangan elektronik, “Operator tidak perlu lagi untuk meminta tanda tangan saya, bisa langsung saya layani dengan tanda tangan elektronik. Jika seperti ini, akan cepat,” ujarnya.

Penggunaan tanda tangan elektronik juga dimaksudkan untuk mendukung program Smart City Pemkab. Lumajang.

Dalam acara itu, dilaksanakan penandatangan MoU terkait pemanfaatan data NIK antara Dispendukcapil Kab. Lumajang dengan Diskominfo Kab. Lumajang, BPRD Kab. Lumajang, DPMD Kab. Lumajang, Dinas Sosial Kab. Lumajang, Dinas Kesehatan Kab. Lumajang, RSUD dr. Hariyoto Kab. Lumajang, RSUD Pasirian, dan RS Islam Lumajang.(imam/r7)

Loading...