D-ONENEWS.COM

Maknai Hari Lahir Pancasila Dalam Tindakan, Mensos Serahkan Kapal Fiber Hingga Pemenuhan Gizi Anak di Agats

Asmat,(DOC) – Pada momen Hari Lahirnya Pancasila, Kamis (1/6/2023), Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini merayakannya bersama masyarakat di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan. Mensos menyerahkan bantuan pemberdayaan sosial berupa 27 kapal fiber longboat hingga mengupayakan pemenuhan gizi anak-anak di Distrik tersebut.

Mensos memaknai perisitiwa ini sebagai “Pancasila dalam Tindakan”.

“Ya, dari awal mau merayakan hari lahir Pancasila, mencoba menerjemahkan Pancasila dalam tindakan. Bukan hanya persatuan indonesia dan keadilan sosial yang kita terjemahkan. Dalam hal ini supaya warga Asmat bisa merasakan bahwa Pancasila ada maknanya bersama-sama kami,” ungkapnya.

Mensos Risma menyatakan bahwa pemberian bantuan ini untuk memenuhi salah satu kebutuhan primer masyarakat di Agats. Yaitu transportasi air seperti kapal-kapal. Sehingga kapal fiber yang di serahkan, di harapkan dapat membantu kegiatan niaga masyarakat.

“Kita bantu kapal selain untuk usaha mereka mencari ikan atau menjual produknya. Tapi juga untuk akses transportasi,” ujar Mensos Risma di Keuskupan Agats.

Bantuan kapal fiber longboat, bibit ternak babi 1.000 ekor, ribuan pasang pakaian dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sebanyak 100 unit, di serahkan Mensos secara simbolis kepada Uskup Keuskupan Agats Aloysius Murwito dan Bupati Asmat Elisa Kambu.

Mensos juga memenuhi kebutuhan gizi anak-anak di Agats dengan membagikan telur hasil dari pemberdayaan sosial ayam petelur dari Kemensos. Di sana, Keuskupan Agats menerjemahkan visi Mensos Risma dalam “Gerakan Sabutir Telur”.

Selain itu, Mensos Risma juga membagikan makanan ringan untuk anak-anak yang berkumpul tidak jauh dari Keuskupan Agats.

“Karena Agats sangat spesial, dia tanahnya enggak bisa di tanami, sehingga saya mengusahakan untuk bagaimana gizi ini bisa di ambil dari peternakan ayam petelur, dan kampung di sana karena sungainya sangat keruh, maka kita bantu lele,” ujar Mensos.

Mensos Risma juga bercerita bahwa di Distrik Agats juga memiliki masalah air bersih, sehingga Mensos Risma juga memberikan bantuan salinasi air payau di tiga titik untuk air minuman. Air hasil salinasi tersebut juga di minum oleh anak-anak.

Tiga titik salinasi minuman terdapat di RSUD Agats, Masjid An-Nur, dan Museum Agats. Mensos Risma mengatakan pihaknya menerima permintaan dua titik salinasi lagi, sebab masyarakat masih sangat bergantung dengan air hujan.

Menurut Mensos, masyarakat di Agats sudah memiliki banyak kegiatan. Saat ini masyarakat mau bergerak untuk usaha menjahit dan kegiatan tambak udang.

Kedepan, Kementerian Sosial dalam hal ini akan memberikan bantuan kolam untuk produksi udang, dan pengolahan kerupuk udang.

Uskup Keuskupan Agats Aloysius Murwito menyatakan bantuan-bantuan dari Kemensos sangat berarti. “Kementerian Sosial cukup tanggap terhadap kebutuhan kami. Seperti 27 longboat yang akan di pergunakan untuk bawa hasil bumi, pemenuhan gizi dengan memberikan telur, nah ini kan luar biasa,” katanya.

Selain bantuan, Aloysius Murwito juga mengaku terobosan-terobosan ini menarik yang merupakan rangsangan-rangsangan dan di dukung dengan petugas lapangan yang bisa memotivasi masyarakat.

Rincian bantuan Kementerian Sosial yang di serahkan ke penerima manfaat melalui Keuskupan Agats yakni 27 kapal fiber glass long boat, bantuan stimulan pemberdayaan ternak babi sepasang kepada 500 penerima manfaat, sarana dan prasarana seperti PJUTS, workshop kapal fiber glass, dan pakaian harian untuk 500 penerima manfaat.(hm/r7)

Loading...

baca juga