D-ONENEWS.COM

Malang Selatan Diterjang Banjir, Ratusan Warga Terkena Dampak

Malang.(DOC) – Banjir dan longsor menerjang sejumlah wilayah di kabupaten Malang selatan, Senin(17/10/2022) pagi.

Menurut info dari data dari BPBD Jawa timur, terdapat 6(enam) kecamatan yang tergenang banjir. Yakni kecamatan Donomulyo, Pagak, Sumbermanjing Wetan, Tambakrejo, Tirtoyudo, Bantur dan Ampelgading.

Banjir bandang sendiri terjadi di Desa Pujiarjo, kecamatan Tirtoyudo.

“Hujan lebat mengguyur wilayah Malang bagian selatan, sejak Minggu(16/10), menyebabkan banjir bandang di Desa Pujiarjo, Kecamatan Tirtoyudo,” kata petugas BPBD, Budi Santosa dalam keterangan tertulisnya.

Di kecamatan Donomulyo, banjir merendam Desa Sumberoto dan Desa Kedung Salam. Lalu di kecamatan Pagak, banjir menimpa Desa Sumbermanjing Kulon.

Untuk kecamatan Sumbermanjing Wetan, air banjir menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Tambakrejo. Kemudian di kecamatan Tirtoyudo banjir juga melanda Desa Purwodadi. Sedangkan di kecamatan Bantur, lokasi genangan terjadi di Desa Bandungrejo dan kecamatan Ampel Gading menerjang Desa Lebakharjo.

“Sementara tanah longsor terjadi di Dusun Srimulyono dan Dusun Sukodono, kecamatan Dampit,” tambahnya.

Belum ada korban jiwa yang di laporkan atas peristiwa ini. Mengenai kerusakan masih dalam proses pendataan.

“Korban nihil. Dampak kerusakan masih dalam pendataan,” kata Budi.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan, bahwa banjir di duga akibat tingginya permukaan air di hulu sungai Panguluran, Desa Sitiarjo.

“Akibat hujan lebat, terjadi kenaikan debit air sungai yang menggenangi rumah warga hingga ketinggian 1,50 meter,” jelasnya.

Dari catatan yang di milikinya, banjir telah menyebabkan 470 keluarga terkena dampak. Mereka terdata dari beberapa dusun. Yakni 177 keluarga di Dusun Roworate, 70 keluarga di Dusun Krajan Tengah, 67 keluarga di Dusun Krajan Kulon dan 156 keluarga di Dusun Krajan Wetan.

Pendataan warga terdampak dan penanganan banjir hingga sekarang masih berjalan di beberapa lokasi.

“Agen Bencana Provinsi Jatim Kab. Malang dan TRC BPBD Kabupaten Malang melakukan assessment di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Lakukan evakuasi warga rentan dari wilayah terdampak ke tempat aman,” pungkasnya.(imam/r7)

Loading...