D-ONENEWS.COM

Melihat Langkah Ketua BNPB yang Baru Ganip Warsito Tangani Covid-19

Jakarta (DOC) – Pemerintah Indonesia masih terus berupaya menekan laju peningkatan kasus COVID-19. Tak hanya secara nasional, tindak pencegahan juga turut dilakukan satgas COVID-19 hingga ke tingkat paling mikro yakni RT/RW.

Masih sejalan dengan kebijakan pejabat sebelumnya, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito menganggap bahwa sejauh ini kebijakan PPKM Mikro terbukti dapat menekan laju penularan hingga tingkat masyarakat. Oleh karena itu di masa kepemimpinannya, Ganip memastikan kebijakan itu masih akan jadi andalannya, di tengah 3T dan 3M yang tetap ditingkatkan.

“PPKM Mikro itu menjadi suatu strategi yang paling tepat untuk mencegah penyebaran. Kemudian juga pelaksanaan saya katakan tadi 3M 3T harus ditegakkan tidak bisa tidak,” ujar Ganip, dilansir dari Kumparan, Jumat (28/5).

Khusus di tingkat RT dan RW, Ganip pun membeberkan konsep isolasi yang harus dijalankan bila ditemukan kasus positif yang berasal dari satu kepala keluarga tertentu. Alih-alih melakukan isolasi secara keseluruhan, kata Ganip, sebaiknya isolasi dapat dijalankan jarak 4 hingga 5 rumah dari asal kasus.

Dengan cara itu nantinya tidak perlu adanya isolasi menyeluruh di lingkungan RT atau RW yang mungkin dapat berdampak pada terbatasnya gerak ekonomi di wilayah tersebut.

“Jadi yang dimaksud PPKM mikro ini itu melihat misalnya di satu RT lima rumah 4 rumah yang positif yang terkena itu saja yang jadi klaster. Terus bukan klaster satu RT atau RW, tidak. Sehingga penyebaran dia penyebarannya tidak meluas itu maksudnya,” ucap Ganip.

Disinggung terkait terobosan baru apa yang akan disiapkannya untuk menangani pandemi, Ganip memilih untuk tetap melanjutkan program penanganan yang ada.

Selain itu peningkatan kolaborasi lima pilar atau pentahelix pun dinilainya juga memiliki andil sama pentingnya dalam upaya penekanan laju penularan COVID-19.

“Saya melanjutkan langkah yang memang sudah tepat, gitu, tinggal saya mengoptimalkan, saya memastikan bahwa strategi yang sudah diterapkan selama ini,PPKM Mikro kemudian 3M dan 3T yang harus bisa kita pastikan dan dilaksanakan,” kata Ganip.

“Kita paham COVID ini adalah musuh bersama. JAdi bukan hanya BNPB tapi konsep pentahelix itu yang di gagas oleh pendahulu saya ini adalah suatu kolaborasi yang sangat diperlukan termasuk media,” tutupnya. (kmp)

Loading...