Nanas Jadi Obat Diabetes

Tidak ada komentar 153 views

Jakarta, (DOC) – Menderita penyakit diabetes atau kadar gula tubuh berada di atas normal, bisa menimbun banyak hal menyenangkan yang dapat Anda lakukan. Namun sebuah kabar gembira mengenai penemuan baru tentang obat diabetes muncul dari hasil penelitian Debie Dahlia, seorang Doktor dari Fakultas Ilmu Keperawatan UI.
Penelitian doktor Debie itu mengenai pemberian bromelain topikal yang diambil dari buah nanas, yang ternyata memberikan efek kesembuhan pada hewan percobaan yaitu tikus yang memiliki perlukaan diabetes melitus.
Ia melakukan penelitian tersebut yang mengantarkannya meraih gelar doktor ke-10 dari program Doktoral FIK UI, dengan nilai IPK 3,71. Bahkan penelitian mengenai efek bromelain terhadap DM itu baru pertama kalinya dilakukan di Indonesia, bahkan dunia.
“Bromelin adalah enzim protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti inflamasi dan imunomodulator,” terang Debie pada Vemale.
“Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian rancangan pasca kendali uji secara acak dengan menggunakan hewan coba tikus sprague dawley,” ujarnya lagi.
Dari hasil, terlihat perbedaan laju penyembuhan luka antara kelompok hewan uji dengan kontrol diabetes melitus dengan kelompok hewan uji dengan perlakuan bromelain topikal dan bromelain standar.
Dengan kata lain, pemberian bromelin topikal memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan DM.
Debie kini selain aktif mengajar di Kelompok Keilmuan Medikal Bedah, juga adalah manajer ventura FIK UI, dan aktif melakukan kegiatan penelitian khususnya bidang ilmu Keperawatan. (sdm/r4)