D-ONENEWS.COM

Ngalab Berkah di Akhir Ramadhan, POTAS Ngaji Bareng Wali Kota Eri Cahyadi

Surabaya(DOC) – Kelompok Kerja Wartawan Taman Surya (Potas) Surabaya menggelar kegiatan “Ngaji Bareng Cak Eri”, Senin (17/4/2023). Kegiatan yang bertema “Ngalab Berkah Ramadan” di gelar di kantorĀ  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya itu, menghadirkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi beserta guru ngajinya Eri Cahyadi, yakni H Moch Asif Chozin.

Eri dalam sambutannya menyatakan kaget guru ngajinya datang. Makanya, begitu datang ia mencium tangan sosok yang mengajarinya ilmu agama mulai ia dari kecil sampai menikah itu.

“Kalau dengan beliau, saya adalah santri. Sampai kapapun, jika bertemu, saya akan mencium tangan beliau,” katanya.

Sedangkan kepada para awak media, Eri menyampaikan harapannya kepada para jurnalis agar senantiasa memiliki sikap yang santun. Sehingga apa yang di sampaikan melalui produk jusrnalistik (berita) akan menjadi amal jariyah dan dapat memberikan berkah bagi umat.

“Jurnalis itu memiliki risiko yang besar jika apa yang di sampaikan dalam pemberitaan itu berupa fitnah. Namun jika pemberitaan bermanfaat maka akan menjadi amal jariyah yang penuh berkah,” terangnya.

Begitu juga memasuki tahun politik pada 2024 mendatang. Cak Eri menyatakan, bahwa media boleh melakukan dukung-mendukung kepada siapapun. “Tapi dukunglah pemimpin yang amanah untuk umat,” sambungnya.

Sedangkan H Moch Asif Chozin, dalam ceramah agamanya menyampaikan tentang masa di akhir zaman. Ia menjelaskan akan ada suatu masa di akhir zaman bahwa umat akan memisahkan diri dari ulama dan ahli dzikir. ā€œJika itu terjadi maka Allah akan menimpakan tiga bala,ā€ ujarnya.

Dua di antara tiga bala itu adalah pertama, Allah akan mengangkat barokah hasil kerja keras yang telah di lakukan manusia. Misalnya, sebelumnya seseorang tidak memiliki banyak harta banyak. Namun ketika hartanya melimpah, di situlah ujian di berikan. ā€œMisalnya, di uji dengan perilaku anak, istri, teman atau tetangga,ā€ terang Asif Chozin.

ā€œSekarang sudah banyak orang bertambah harta tapi tidak barokah,ā€ lanjutnya.

Kedua, jika umat sudah terpisah dengan ulama dan ahli dzikir, maka akan muncul pemimpin yang dzolim. Ia menjabarkan ketika pemimpin dekat dengan ulama dan ahli dzikir, maka akan muncul pemimpin yang amanah. Sebaliknya, jika ada pemimpin yang dzolim maka akan muncul kehancuran.

Karena itu, Moch Asif Chozin meminta selama manusia di beri hidup harus berbuat kebaikan. Ia menegaskan bahwa sesuatu yang pasti terjadi pada kehidupan adalah kematian.

ā€œMati itu pasti. Di mana, kapan dan pas sedang apa, mati itu pasti datang. Maka kita harus mengisi hidup ini dengan kebaikan,ā€ jelasnya.

Kegiatan Ngaji Bareng Cak Eri ini, selain menghadirkan Eri Cahyadi dan H Moch Asif Chozin, juga menampilkan grup Banjari El Rawon. Nama ini merupakan singkatan dari Rijalul Ansor Wonokromo. Selain itu, acara juga di isi tawasul dan tahlil yang di pimpin Gus Kurdi, pimpinan majelis dzikir Taqorub Ilallah.

Di sisi.lain, Ketua Potas Surabaya, Robby Julianto mengatakan kegiatan ngaji bareng ini menjadi rangkaian dari program agenda tahunan. Di Ramadan sebelumnya, Potas menggelar bagi takjil dengan menggunakan tas ramah lingkungan.

“Sengaja kami menggelar ngaji bareng ini karena kami ingin momentum akhir Ramadan ini menjadi sarana kita untuk bisa meningkatkan nilai-nilai spiritual,” katanya.

Ia menambahkan bahwa selain ngaji bareng Wali Kota ini ada agenda lainnya yang telah menjadi program kegiatan tahunan.

“Dalam waktu dekat nanti kita juga menggelar halal bihalal dan beberapa agenda keagamaan yang sudah kami programkan di tahun ini,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga