D-ONENEWS.COM

Pakal Akan Turut Ramaikan Perhelatan Pildun U-20 dengan Offroad-nya

Surabaya, (DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menargetkan wahana wisata offroad di Taman Hutan Raya (Tahura) Pakal, dapat rampung sebelum dimulainya gelaran Piala Dunia U-20 Tahun 2023. Sesuai dengan jadwal, Gelora Bung Tomo (GBT) menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada 20 Mei – 11 Juni 2023.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, bahwa pemkot menyediakan berbagai alternatif wisata bagi turis yang datang ke Kota Pahlawan untuk menyaksikan Piala Dunia U-20. Sejumlah  alternatif destinasi wisata itu di antaranya adalah Romokalisari Adventure Land, Susur Sungai Kalimas hingga Mobil Offroad di Tahura Pakal.

“Semoga nututi bisa dibuka sebelum Piala Dunia U-20. Lokasinya di Taman Hutan Raya Pakal. Ada wahana mobil offroad,” kata Wali Kota Eri Cahyadi, Minggu (29/1/2023).

Wali Kota Eri Cahyadi menjelaskan, bahwa pembangunan wisata offroad di Tahura Pakal, melibatkan pihak ketiga atau investor. Sementara Pemkot Surabaya mendukung keberadaan destinasi wisata itu dengan penyediaan akses jalan. “Ini sudah mulai berjalan, yang dilakukan pemerintah adalah membebaskan jalan menuju ke Taman Hutan Raya Pakal. Jadi kita kerjasama,” ungkapnya.

Selain mobil offroad, Wali Kota Eri Cahyadi mengungkapkan, bahwa sejumlah wahana menarik lain juga bakal tersedia di Tahura Pakal. Seperti di antaranya, camping ground, flying fox hingga tempat untuk outbound.

“Wahananya ada mobil offroad, camping ground, ada outbound-outbond, ada pula danau dan bukit buatan juga. Jadi konsep alam yang ada di Taman Hutan Raya Pakal,” terang Cak Eri, sapaan lekat Wali Kota Surabaya.

Menurut dia, sebenarnya Kota Surabaya memiliki banyak tempat yang potensinya luar biasa untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Namun demikian, Cak Eri menyebut, selama ini beberapa tempat itu belum tersentuh sepenuhnya oleh Pemkot Surabaya.

“Makanya potensi-potensi itulah yang akan saya sentuh. Yang salah satunya tempat itu adalah untuk menggerakan warga miskin, mengurangi kemiskinan, seperti di Romokalisari Adventure Land,” tuturnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini menambahkan, bahwa ada dua lahan yang dibebaskan pemkot untuk akses jalan menuju Tahura Pakal. Titik lokasi lahan itu berada di dekat kawasan Stadion Gelora Bung Tomo.

“Ada dua lahan yang dibebaskan untuk menuju ke sana. Kalau selama ini kan lewat rel sepur (kereta api), nanti mulai dari GBT, sebrangnya langsung lurus menuju Tahura Pakal,” pungkasnya. (hm/fr)

Loading...

baca juga