D-ONENEWS.COM

Pasien Covid-19 di Surabaya Akan Dirujuk ke Pulau Galang

Jakarta (DOC) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah menyiapkan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kepulauan Riau (Kepri) sebagai salah satu rumah sakit rujukan, untuk mengantisipasi ledakan kasus pasien Covid-19. RSKI akan diisi oleh pasien dari berbagai daerah dengan indikasi zona merah sampai hitam, khususnya dari Kota Surabaya, Jawa Timur.

“Kami akan pertimbangkan bersama-sama, ini untuk mengurangi beban rumah sakit di Surabaya khususnya di RSUD dr Soetomo,” kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari Tempo, Kamis (2/7).

RSKI Pulau Galang memiliki 360 ruang rawat dengan 240 ruangan untuk orang dalam pemantauan (ODP), 100 ruangan untuk pasien dalam pemantauan (PDP) dan 20 ruangan isolasi bertekanan negatif. Namun diketahui saat ini statusnya masih lowong.

Pada 30 Juni, hanya sebanyak 53 pasien dirawat di sana. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu meminta agar RS Darurat Covid-19 itu dioptimalkan untuk merawat pasien terinfeksi virus Corona dengan tingkat gejala sedang. Muhadjir menyebut RSKI akan difokuskan bagi pasien ringan atau sedang.

“Untuk pasien yang ringan atau sedang akan dikirim ke Pulau Galang dengan transportasi yang sudah disiapkan TNI AU,” kata Muhadjir.

Meski begitu, Muhadjir selaku Ketua Dewan Pengarah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menekankan pemanfaatan RSKI Pulau Galang nantinya tidak tertutup untuk pasien dari Surabaya saja. Pasien lain pun bisa memanfaatkannya seperti pasien yang pulang dari luar negeri atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan pasien dari Provinsi Kepri.

“Karena memang arahan Presiden tidak harus Surabaya, sebetulnya. Tapi bisa saja dari luar. Terutama dari PMI, juga pasien dari Provinsi Kepri,” ujar Muhadjir.

Sebagai tindak lanjut, Muhadjir meminta Panglima TNI berkoordinasi dengan Pangkogabwilhan II dan Kepala Gugus Tugas sehubungan dengan teknis dan skenario pemanfaatan RSKI Pulau Galang untuk pasien dari Surabaya.

Muhadjir juga meminta kepada Menteri Ketenagakerjaan dan Pemprov Kepri untuk merancang skenario dan kebijakan apabila ada pasien Covid-19 yang akan dirawat di RSKI Pulau Galang.

Loading...