Pelatih Timnas u16: Jangan Puji Berlebihan Dulu

Tidak ada komentar 489 views

Sidoarjo, (DOC) – Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 sukses meraih tiga poin pada laga perdana mereka di grup A Piala AFF U-16 2018. Tak hanya itu, mereka melumat Filipina U-16 dengan skor telak 8-0 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (29/7) malam.

Pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, mensyukuri hasil yang diraih timnya. Namun demikian, dia tak ingin para pemainnya cepat puas dan bersikap jemawa.

Hal itulah yang dikhawatirkan menjadi batu sandungan bagi langkah garuda belia ini.

“Kami selalu sampaikan ke mereka (pemain timnas Indonesia U-16), apapun hasilnya mereka harus tetap menginjak bumi. Mereka belum menjadi bintang, mereka masih calon bintang,” kata Fakhri, dalam jumpa pers setelah laga.

“Saya mohon juga teman-teman wartawan tidak perlu berlebihan. Mohon maaf juga nantinya saya juga akan atur wawancara untuk pemain siapa gilirannya. Saya tak ingin tim ini hanya didominasi satu atau dua pemain saja, karena saya memiliki 23 pemain di dalam tim,” tegasnya.

Lebih lanjut, mantan kapten timnas Indonesia ini juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh suporter, terutama yang hadir langsung di Stadion Gelora Delta. Pada laga ini tercatat ada 8.931 penonton yang hadir.

“Mereka memberikan dukungan yang positif sehingga membuat para pemain semakin bersemangat. Jujur saja, ini baru pertama kalinya timnas U-16 ditonton oleh sekitar 8 ribuan lebih penonton,” tambah mantan pemain PKT Bontang itu.

Di samping itu, Fakhri juga menilai para pemainnya mampu menerapkan apa yang diinstruksikannya dengan baik di atas lapangan. “Mereka melakukan dengan baik mulai dari transisi positif dan transisi negatif, serta hasil latihan juga terlihat di pertandingan ini dengan terciptanya beberapa gol dari situasi set piece,” jelasnya.

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Myanmar. Laga ini akan dimainkan di stadion yang sama, 31 Juli nanti. (Gb)