D-ONENEWS.COM

Pemkab Berkomitmen Tuntaskan Jalan Rusak di Sejumlah Wilayah

Lumajang,(DOC) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur berkomitmen untuk menuntaskan penanganan infrastruktur jalan kabupaten yang rusak di sejumlah wilayah.

Hal itu di sampaikan menjawab Pandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD Kabupaten Lumajang pada pembahasan Rapat Paripurna sebelumnya. Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Lumajang tersebut, secara umum memberikan masukan, dan apresiasi terhadap capaian kinerja pemerintah daerah dalam pelaksanaan APBD tahun 2022.

“Pemerintah Daerah tetap berkomitmen untuk menuntaskan perbaikan jalan rusak ini secara bertahap. Sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, termasuk perbaikan jalan yang menghubungkan antar desa, antar kecamatan, akses jalan menuju destinasi wisata dan jalan lainnya yang menjadi kewenangan pemerintah daerah,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam Rapat Paripurna DPRD, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Lumajang, Jumat (16/6/2023).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa keterbatasan sumber pendanaan menyebabkan perbaikan jalan rusak belum dapat menjangkau secara keseluruhan.

Namun, Pemkab Lumajang terus melakukan berbagai ikhtiar untuk mendapatkan sumber pendanaan alternatif untuk menyelesaikan perbaikan infrastruktur jalan sudah di lakukan, seperti upaya untuk mendapatkan bantuan keuangan khusus bidang infrastruktur dari pemerintah provinsi, termasuk keputusan melakukan pinjaman PEN untuk perbaikan jalan pada tahun lalu.

“Upaya untuk mendapatkan sumber pendanaan dalam rangka perbaikan infrastruktur jalan melalui komunikasi dan koordinasi dengan instansi atau lembaga terkait, mengingat di dalam RPD (Rencana Pembangunan Daerah, red) tahun 2024 – 2026, bidang infrasruktur jalan menjadi salah satu program prioritas yang harus di selesaikan,” kata dia.

Sementara, untuk jalan dengan kerusakan ringan, Pemerintah Kabupaten Lumajang memiliki program Ngapling atau Ngaspal Keliling yang menjadi solusi perbaikan jalan kabupaten.

“Pelaksanaan program ngapling terus berlanjut dan akan terus di evaluasi serta di tingkatkan kualitas pelaksanannya dan di perluas jangkauannya. Terhadap masih adanya jalan yang belum sempat di tangani oleh Tim Ngapling akan segera di tangani,” terangnya. (info/Imam)

Loading...

baca juga