D-ONENEWS.COM

Pencak Silat Surabaya, Kejuaraan Piala BHS Dukung Atlet Muda dan Sportifitas

Surabaya, (DOC) – Kejuaraan Piala BHS kembali digelar. Tak hanya untuk mencari bibit-bibit pencak silat di Kota Surabaya, kejuaraan ini juga sebagai wadah untuk para atlet silat, agar tidak melakukan hal-hal negatif yang ada di jalan.

Ketua Umum IPSI Kota Surabaya, Bambang Haryo Sukartono (BHS) menjelaskan, jika saat ini IPSI mencari bibit unggul pencak silat guna persiapan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur kedepannya.

“Ini kejuaraan untuk mencari bibit-bibit mulai dari tingkat SD-SMP-SMA, jadi pelajar-pelajar, untuk mencari bibit-bibit, untuk kepentingan IPSI Surabaya, yang dimana difasilitasi oleh BHS, kebetulan pertandingannya Piala BHS,” ujar Bambang Haryo, Rabu (1/11/2023).

Dalam kejuaraan yang digelar di Gelanggang Remaja Surabaya, jalan Bogen Surabaya ini, diikuti ratusan peserta berbagai umur.

“Diikuti oleh 791 peserta, dengan 57 Kontingen perguruan dan sekolahan. Di sini kami sangat mengharapkan munculnya semangat dan atlet-atlet baru, dengan memiliki sportifitas yang baik,” jelasnya.

“Ini kita jaring, dari 791 nanti ada atlet yang terbaik, pasti kita bina,” imbuh Bambang.

Dalam kejuaraan ini, panitia menggunakan sistem dan cara yang sama, seperti yang digunakan di Pra PON kemarin.

“Kita menggunakan sistem yang baru, dengan menggunakan sistem digital, seperti yang ada di Pra PON kemarin, jadi ini penilaiannya secara obyektif, pasti susah ada rekayasa,” ungkapnya.

Sementara itu, sebagai perwakilan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pasma Royce, yakni Kapolsek Tambaksari, Kompol Ari Bayuaji mengatakan, jika kejuaraan ini bisa menjadi strategi mengurangi tawuran di jalan raya.

“Adanya kejuaraan pencak silat ini bisa mengurangi terjadinya gesekan yang ada di jalan,” jelasnya.

Ia jugaengimbau pada orang tua para pesilat yang ikut pertandingan, jika selesai bertanding agar segera pulang, dan tidak menggunakan seragam pencak silatnya.

“Kami juga mengimbau, setelah para atlet selesai bertanding, kami imbau segera berganti baju dan langsung pulang, supaya tidak terjadi gesekan di luar sana,” ucapnya.

“Ini merupakan even yang positif dan bisa dijadikan contoh bagi yang di sana,” imbuhnya. (ang)

Loading...

baca juga