D-ONENEWS.COM

Peringatan Hari Santri, 80 Pendekar Pagar Nusa Terima Ijazah Kubro

Surabaya, (DOC) – Menjadi salah satu rangkaian di Hari Santri, sebanyak 80 pendekar Pagar Nusa akan mendapatkan dan mengikuti Ijazah Kubro pada Minggu (22/10/2023) besok, dan rencananya disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo secara langsung.

Di Ijazah Kubro yang rencananya digelar di Lapangan Jala Krida Mandala Surabaya, akan diikuti puluhan ribu pendekar, dan pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa.

“Kami undang 25 ribu pendekar, untuk meramaikan ijazah kubro dan pengukuhan pimpinan pusat Pagar Nusa,” ujar Ketua Umum Pagar Nusa, Gus Nabil Harun, Kamis (19/10/2023).

Pemilihan tempat di Surabaya sendiri, karena sejarah yang tercipta dari para santri yang berjuang melawan pasukan NICA mendarat di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Jadi ketika resolusi jihad dikeluarkan KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober, kemudian masyarakat, orang Islam dalam radius 900 KM, Fardu Ain wajib ikut perang di Surabaya,” terangnya.

“Tentunya enggak bisa menggunakan tangan kosong maka santri diijazahi, diberi bekal kiai berupa doa wirid dan sebagainya sebagai bentuk pertahanan diri ketika berperang, dan Alhamdulillah kita mencapai kemenangan waktu itu,” imbuhnya.

Selain itu, pemilihan tempat di area Bumimoro, yang juga berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Perak, untuk mengingatkan perjuangan para santri, melawan tentara NICA di area tersebut.

“Tentara NICA dan sekutunya mendarat pertama kali di pelabuhan. Sehingga masyarakat dan para santri berjuang menghalau mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Ijazah Kubro, Letnan Jenderal (purn) Ganip Warsito menjelaskan, dengan banyaknya undangan maupun pendekar yang datang, dan demi kelangsungan acara tersebut, ia akan menempatkan banyak petugas keamanan, diantaranya TNI/Polri, maupun keamanan internal dari Pagar Nusa, yakni Pasukan Inti (Pasti).

“Dalam beberapa hari ini, kami sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan mulai dari TNI/Polri hingga Pemda dan stakeholder terkait, demi kelangsungan Ijazah Kubro ini,” ungkap Letjend Ganip.

Dalam acara Ijazah Kubro, nantinya juga akan ada koreografi pencak silat Pagar Nusa, sebanyak 99 pendekar sudah berlatih dan akan menunjukan koreografi ini dihadapkan Presiden Jokowi. (r6)

Loading...

baca juga