D-ONENEWS.COM

Perjalanan Menuju Kantor Lewat Jalan Hasyim Ashari, Mensos Risma Temui Anak Tidur di Emperan Toko

Foto : Mensos Risma saat menyapa ibu beranak tiga tidur di sebuah emperan toko

Jakarta,(DOC) – Perjalanan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berangkat ke kantor Kemensos RI di Jalan Salemba, Jakarta Pusat, Kamis(25/02/2021) pagi, sempat terhenti di Jalan Hasyim Ashari seputaran ITC Roxy Mas.

Mensos Risma sapaan akrabnya, menemui pasangan suami istri (Pasutri), Anto dan Novi yang kesehariannya berprofesi sebagai pemulung.

“Ikut aku ya ke balai. Nanti saya bikinkan KTP, terus dapat bantuan sosial,” sapa Mensos Risma kepada Novi yang mengaku asal Palembang tersebut.

Dari pengakuannya, memulung dijalani-nya semenjak mereka kehilangan mata pencahariannya di PT Adhi Karya sebagai kuli proyek.

Tak jauh dari lokasi Anto dan Novi, Mensos Risma kembali menemnui dan menyapa seorang perempuan dengan tiga orang anak dibawah umur yang sedang tidur di sebuah emperan toko.

“Kenapa bu.?. Kasihan anaknya diajak tidur disini. Ikut saya atau pulang. Kami antar bu, kami lho punya mobil banyak,” tawaran Risma kepada ibu yang memiliki nama Siti Ropiah.

Pada kesempatan itu, ibu tiga anak tersebut mengaku, harus mengambil akte kelahiran anak-anaknya di sekitaran Jalan Hasyim Ashari.

“Gak usah kuatir bu, nanti diantar oleh staffku (Kemensos,red). Nanti ke sana sore. Sekarang ikut ke kantor saya makan  dulu. Ajak anakmu terus, ke mana-mana. Jangan tidur disini, kasihan dia. Nanti kalau sakit bagaimana?” lanjut Risma.

Selanjutnya Mensos Risma juga mengajak seorang  janda muda beranak satu yang ditemuinya tengah berada di emperan toko sebelah bersama anaknya. Single parent ini akan  dilatih untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, Mensos Risma juga mengangkut seorang tunawisma yang kepergok saat tidur di depan emperan toko, yang berada tepat disebelah kirinya.

Kini para pemulung dan tunawisma tersebut, sudah didampingi Tim Reaksi Cepat Kemensos RI dan berada di Balai Pangudi Luhur untuk diberikan pelatihan vokasional dan pembinaan kewirausahaan.(robby/wat)

Loading...

baca juga