D-ONENEWS.COM

Piket Nol Longsor, Jalur Lumajang-Malang di Tutup Total

Lumajang,(DOC) – Tebing di perbukitan jalur Piket Nol Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang, kembali mengalami longsor, Minggu(11/9/2022).

Kejadian longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Pronojiwo dan Candipuro sejak Sabtu (10/9/2022) malam sekitar pukul 19.30 Wib.

Tanah Longsor kali ini terjadi di kilometer 58 Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Akibatnya jalur yang menghubungkan Lumajang menuju Malang di tutup total.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Joko Sambang mengatakan, Longsor terjadi KM 58 ini terjadi sekitar pukul 05.30 Wib.

“Longsoran tersebut berupa matrial tanah dan batu serta pohon tumbang jenis Bulupek,” ujarnya.

Joko menjelaskan, awalnya pegawai proyek jembatan gladak perak sedang melakukan pengecekan jalan ke arah Supiturang. Ketika berada di KM 58 Piket Nol, ia melihat longsoran matrial tanah, batu serta pohon tumbang. Pohon tersebut jenis Bulupek berdiameter 150 cm dan tingginya 25 meter.

“Kejadian tersebut terjadi tepatnya di utara decker atau tembok penahan tanah dan menutup total jalan nasional penghubung Lumajang – Malang melalui Pronojiwo,” ujarnya.

Lanjut dia, setelah mendapat laporan dari masyarakat, satu regu BPBD Lumajang tiba di lokasi longsor dan pohon tumbang untuk melakukan pembersihan manual bersama pengendara motor dan warga yang sedang melintas diarea Piket nol.

“Alat berat jenis Exavator milik Hutama Karya tiba di lokasi longsor dan melakukan pembersihan,” terangnya.

Proses pembersihan matrial longsoran di lokasi terus di lakukan petugas gabungan bersama warga sekitar.

“Jalur Lumajang menuju Malang melalui Piket Nol tertutup total untuk kendaraan,” ungkapnya.

Hujan juga menyebabkan longsor di dusun Sidomukti RT 26 RW 09 Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo yang menimpa rumah warga. Kemudian di Jalan Raya kabupaten dusun Jonggrang RT 23 RW 08 Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo. Terakhir di jalan desa di dusun Sidomukti RT 29 RW 09 Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo.

“Selain longsor, juga terjadi genangan air di Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari,” pungkasnya.(imam)

Loading...

baca juga