D-ONENEWS.COM

PMI Bantu Sediakan Air Bersih, Wabup Lumajang Titip Program Ibu Melahirkan

Lumajang,(DOC) – Tak hanya peduli dan mengurus stok darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk membantu sejumlah desa yang mengalami kekeringan air, akibat kemarau panjang.

“Dalam hal inilah, PMI turun tangan, ikut membantu daerah-daerah yang kekeringan dengan bekerjasama dengan BPBD dalam dropping air bersih,” ujar Budi Santoso, Ketua PMI usai rapat dengan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang soal problem air bersih menghadapi kemarau panjang, Selasa(23/10/2018).

Menurut Budi Santoso, keterlibatan PMI dalam penyediaan air bersih ini merupakan bentuk kerjasama dengan Pemkab dan produsen seluler asal Korea.

“Kita dapat menarik sumber mata air dari Kabupaten Probolinggo, melalui dusun Sido Dadi, yang berjarak 14 Km dari lokasi rentan kekeringan,” terangnya.

Peran PMI dalam pemenuhan kebutuhan air untuk desa yang kekeringan cukup mendapat apresiasi dari Pemkab Lumajang.

“Saat ini sudah ada 6 armada truk tangki milik Pemkab, namun tentu problem kekeringan keterkaitannya panjang, tak cukup hanya diberi dropping air lantas selesai. Harus ada kesinambungan,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Selain bekerjasama soal penyediaan air bersih, PMI juga di minta ready dalam menyediakan stok darah jika dibutuhkan oleh ibu – ibu melahirkan.

“Banyak kasus para ibu melahirkan yang mengalami pendarahan dan harus operasi. PMI harus tanggap dalam menyediakan kebutuhan darah agar bisa menekan angka kematian ibu melahirkan,” ungkap Wakil Bupati, Indah Amperawati yang menitipkan programnya berjalan.(imam/r7)

Loading...

baca juga