D-ONENEWS.COM

GUNA TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMILU 2019, KPU JATIM SOSIALISASI BERSAMA KALANGAN SANTRI

Sosialisasi di Forum Warga Berbasis Keluarga

 

Kota Pasuruan, kpujatim.go.id- Wujudkan komitmen dalam peningkatan partisipasi pemilih Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) terus melakukan sosialisasi. Kali ini sosialisasi dilakukan di forum warga berbasis keluarga, di Kota Pasuruan, Selasa (23/10). Sosialisasi dilakukan bersama puluhan komunitas santri, di Musholla Darussalam Al-Hasyimy Jalan Pati Unus, Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan.

Hadir sebagai narasumber sosialisasi Pemilu 2019 bersama komunitas santri, yakni Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro dan Komisioner KPU Kota Pasuruan, Basori Alwi. Keduanya, secara bergantian mengisi seluruh tahapan Pemilu 2019.

Gogot menjelaskan, dalam Pemilu 2019 harus ekstra keras dalam melakukan sosialisasi kepada kalangan pemilih. Sebab, banyak hal baru yang juga harus disampaikan kepada kalangan pemilih terkait tahapan Pemilu 2019. Salah satunya terkait surat suara yang akan digunakan untuk menyalurkan hak pilih, beda dengan Pemilu sebelumnya. Itupun harus bisa dimengerti oleh kalangan pemilih.

Dia menyebut, ada sebanyak lima surat suara nantinya yang akan diberikan kepada pemilih. Rinciannya surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Sosialisasi dengan berbagai segmen penting, guna meningkatkan partisipasi pemilih. Termasuk sosialisasi dengan kalangan santri,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Pasuruan, Basori Alwi berharap, pasca sosialosasi bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Peserta sosialisasi juga bisa menjadi corong, mengajak keluarga, tetangga dan sanak saudaranya untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2019. Caranya, dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Jangan sampai golput, gunakan hak pilih untuk ikut serta menyukseskan Pemilu 2019,” pungkasnya.

(BAY)

Loading...

baca juga