Polda DIY Juga Naik Kelas Jadi Polda Tipe A

Tidak ada komentar 39 views

Jakarta (DOC) – Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) naik kelas dari Tipe B menjadi Tipe A. Upacara pengukuhan peningkatan Polda DIY dari Tipe B menjadi Tipe A rencananya akan dilakukan pada Jumat (7/12/2018).

Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan kenaikan itu dinilai berdasarkan 9 dimensi dan 46 indikator.

“Jadi sebenarnya tingkat kenaikan polda DIY dari tipe B ke tipe A merupakan kajian karena ada peraturan kepolisian yang mengatakan bahwa kenaikan tipe itu ada parameter-parameternya,” ujar Dofiri, di Mapolda DIY, Ringroad Utara, Yogyakarta, Kamis (6/12/2018).

“Untuk menjadi Polda tipe A minimal skornya 4.500, itu dilihat dari 9 dimensi dan 46 indikator,” ujarnya.

Kenaikan tipe tersebut sekaligus akan mengubah jabatan bagi Kapolda DIY yang sebelumnya Brigadir Jenderal (Brigjen) menjadi Inspektur Jenderal (Irjen).

Diketahui ada tiga jenis tipe polda yakni Tipe A-K (A+), Tipe A dan Tipe B. Tipe A-K (A+) hanya dimiliki oleh Polda Metro Jaya. Polda Tipe A-K dan A dipimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat inspektur jenderal, sementara polda Tipe B dipimpin oleh brigjen.

Sejak menjabat Kapolri, Tito Karnavian telah menaikkan sebanyak 10 polda dari Tipe B ke Tipe A. Daftar 10 polda yang telah dinaikkan tipologinya itu adalah Polda Lampung, Polda Riau, Polda Sumatera Barat, Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), Polda Maluku, Polda Kepuluan Riau, Polda Jambi, Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah, dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). (bbs/gus)