D-ONENEWS.COM

PPKM Jawa-Bali Tak Efektif, Jokowi Lakukan Ini

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajarannya melakukan pendekatan berbasis mikro yang melibatkan tingkat RT/RW agar kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali dapat efektif menekan laju penyebaran Covid-19. Misalnya, dengan melibatkan RT/RW hingga Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tingkat desa.

“Arahan Bapak Presiden pendekatannya adalah berbasis mikro atau di tingkat lokal. Mulai dari, tingka desa, kampung, RT dan RW, dan melibatkan dari satgas pusat sampai satgas terkecil,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, seperti dilansir dari Liputan6, Rabu (3/2).

Untuk itu, lanjut Airlangga, pemerintah akan melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa), Satpol PP, hingga TNI-Polri untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan serta penegakan hukum. Nantinya, mereka juga akan dilibatkan dalam tracing (pelacakan) pasien Covid-19.

Politikus Golkar ini juga memastikan bahwa kebutuhan masyarakat akan tetap diperhatikan secara mikro. Pemerintah akan memfokuskan ke 98 daerah yang saat ini menerapkan kebijakan PPKM.

“Tentu lingkup ini akan dievaluasi secara dinamis,” ucap Airlangga. (lp6)

Loading...

baca juga