D-ONENEWS.COM

PPNI: 99 Perawat Positif Covid-19 dan 23 Wafat

Jakarta – PPNI sampaikan data internal pantauan tenaga medis perawat Indonesia yang terpapar virus Covid-19 pada, Rabu 3 Juni 2020. Data ini disiapkan PPNI secara mandiri atas kesedian tenaga medis mengisi form yang telah disiapkan.

“Ini data khususnya bagi perawat yang terpapar Covid-19, bedasarkan pemantauan internal yang diisi secara sukarela oleh perawat,” jelas Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhilah, seperti dilansir dari Merdeka.com, Kamis (4/6).

Dari hasil data tersebut, PPNI mencatat angka perawat tenaga medis yang ODP (Orang Dalam Pemantauan) ada 679 orang, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 58 orang, dan OTG (Orang Tanpa Gejala) 130 orang.
Selain itu, dari data tersebut angka meninggal akibat Covid-19 mencapai 23 orang dan perawat yang positif Covid-19 ada 99 orang. Sedangkan angka yang dirawat ada 199 pasien lalu sembuh 6 orang.

Harif menjelaskan bahwa data ini merupakan data hasil pantauan dari internal dan masih banyak kekurangan, karena pengisian data ini bedasarkan sukarela dari tenaga medis perawat.

Atas hal itu, dia mengimbau kepada para perawat tenaga medis untuk tetap mematuhi prinsip-prinsip pencegahan Covid-19, disiplin pakai alat pelindung diri (APD), pastikan kondisi sehat saat menangani pasien dan selalu berpikir positif. (mer)

Loading...