D-ONENEWS.COM

Prabowo Minta Gerindra Dukung Putra Jokowi di Pilkada Solo

Jakarta (DOC) – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan ketua umumnya, Prabowo Subianto sudah memberikan arahan agar partai mendukung Gibran Rakabuming Raka alias Gibran Jokowi dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada Solo 2020.

“Kalau soal dukung mendukung ya kami juga sudah ada arahan untuk mendukung (Gibran),” kata Dasco, Selasa (11/2).

Dasco tak merinci alasan Prabowo memberikan arahan mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu. Ia cuma tersenyum sembari berujar bahwa Gerindra kini merupakan partai koalisi pendukung pemerintah. “Koalisi kali,” kata dia singkat.

Ia pun mengatakan Gerindra bukan hanya menunggu keputusan akhir dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ihwal pencalonan Gibran. Gerindra, kata Dasco, saat ini juga menjalankan mekanisme di tingkat DPC Solo untuk menjaring calon yang bakal diusung.

DPC akan melaporkan ke DPD untuk selanjutnya DPD melapor ke DPP. “Proses dari DPC ke DPD, DPD ke DPP. Jadi proses-proses rekomendasi pilkada itu bukan cuma hanya menunggu partai lain, tetapi kami juga sedang berproses di kami untuk sampai ke DPP,” kata Dasco.

Menurut Dasco, Gibran memang berpotensi kuat dicalonkan di pilkada Solo 2020. “Kalau internal informasi sementara ya calon kuat masih yang bersangkutan (Gibran),” ujarnya.

Pada Senin, 10 Februari lalu, Gibran telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test yang digelar DPP PDIP.

Selain dia, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dan Ketua DPRD Solo Teguh Prakosa mengikuti uji kepatutan dan kelayakan itu. Purnomo dan Teguh adalah pasangan kandidat pilkada Solo yang diusung DPC PDIP Solo.(tc)

Loading...

baca juga