D-ONENEWS.COM

Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Pengungsian Erupsi Gunung Semeru dan Tinjau Gladak Perak

Lumajang (DOC) – Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021). Dalam kunjungannya Jokowi meninjau lokasi pengungsian warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru di Lapangan Sumberwuluh.

Pantauan D-onenews.com, tampak presiden memberikan bantuan kepada warga yang berada di pengungsian. Presiden Jokowi juga menyapa, berdialog bersama para korban erupsi Gunung Semeru.

Selain menemui pengungsi, Jokowi juga menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal, kemudian melihat posko pelayanan kesehatan, dan bertemu anak-anak.

Usai mengunjungi pengungsian, Jokowi juga mengunjungi Jembatan Gladak Perak yang putus akibat aliran awan panas saat erupsi Gunung Semeru. Jembatan tersebut merupakan akses utama Lumajang dan Malang.

Presiden Jokowi Widodo juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

“Kedatangan ke Lokasi erupsi Gunung Semeru untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi, juga ini kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan gunung Semeru ini,” tuturnya.

Dilokasi pengungsi untuk memastikan bahwa pengungsi sudah tertangani dengan baik. “Tadi di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa dengan pengungsi tertangani dengan baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik,” terang Jokowi.

Ia berharap nanti kalau sudah membaik pemerintah segera melakukan perbaikan infrastruktur dan melakukan relokasi. “Semuanya bisa dimulai baik yang serupa perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali,” kata Jokowi.

Presiden menyampaikan, sudah mendapatkan laporan sekitar 2.000-an rumah warga harus direlokasi,

“Ini segera dan kita putuskan dimana lokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun semuanya. Saya kira semua sudah siap,” katanya.

Dalam kunjunganya Presiden Jokowi didampingi, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Selain itu juga, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.(Imam)

Loading...

baca juga