D-ONENEWS.COM

Presiden Jokowi Lantik Doni Monardo sebagai Kepala BNPB

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Letnan Jenderal Doni Monardo menjadi kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Jokowi melantik Doni berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jenderal bintang tiga itu menggantikan posisi Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei.

Jokowi lantas meminta kesediaan mantan Pangdam Siliwangi itu untuk diambil sumpah berdasarkan agama Islam dan membacakan sumpah yang turut diikuti Doni.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada negara,” ujar Jokowi diikuti Doni.

Doni baru sekitar 10 bulan menjabat sebagai Sekjen Dewan Ketahanan Nasional. Dia saat ini masih aktif berdinas di TNI dengan pangkat bintang tiga di pundak.

Lulusan Akmil 1985 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Doni pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus, Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, serta Pangdam Pattimura.

Pelantikan Doni sebagai kepala BNPB sempat ditunda pada pekan lalu. Ketika itu, Presiden Jokowi mesti ke Lampung saat bencana tsunami belum lama melanda di Selat Sunda.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga