D-ONENEWS.COM

PSM Ujung Tombak Sukseskan Program Kemensos di Akar Rumput

Rancagede,(DOC) – Keberadaan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), menjadi salah satu ujung tombak dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiatan kesejahteraan masyarakat hingga level akar rumput, termasuk mensosialisasikan program-program pemerintah di Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

“Saat ini kami membantu pemerintah daerah melakukan verifikasi dan validasi untuk warga penerima bantuan sosial pemerintah, termasuk bansos dari Kemensos,” kata Ketua Ikatan PSM (IPSM) Rancagede, Tangerang, Rahmatullah, Minggu(02/05/2021).

Kegiatan rutin PSM adalah melakukan bakti sosial, seperti bagi-bagi sembako, membedah rumah warga yang tak layak huni hingga memperkuat dan meningkatkan jangkauan program bantuan sosial (Bansos).

Setiap memasuki bulan Ramadhan, termasuk sekarang ini, IPSM Rancagede bersama Camat Gunung Kelar dan Kepala Desa Rancagede selalu rutin menggelar kegiatan sosial.

“Semarak Berkah Ramadhan, Buatlah Orang Tersenyum. Kegiatan sosial rutin selama ramadhan sebagai bentuk kepedulian IPSM Desa Rancagede dalam membantu warga yang membutuhkan sehingga dapat meringankan beban warga terutama disaat pandemi COVID-19,” tambah Rahmatullah.

IPSM Rancagede juga sering menyalurkan bantuan berupa kursi roda untuk penyandang disabilitas, beras, mie instan dan masker diberikan langsung kepada warga yang membutuhkan dengan cara mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga.

“Ini merupakan dedikasi dan bentuk kepedulian Kemensos RI yang telah membentuk IPSM dalam membantu warga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), ketika butuh pertolongan,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Gunung Kaler, Saedaman memberi apresiasi kepada IPSM yang telah bekerja tanpa pamrih dalam membantu warga desa dan melaksanakan program kerja pemerintah daerah, khususnya di Desa Rancagede, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang, Banten.

“Keberadaan PSM sangat membantu dan mendukung program dari Kementerian Sosial maupun program dari Pemerintah Daerah. Sinergitas dari PSM bersama TKSK sangat baik berjalan,” ujar Saedaman.

Hal sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Rancagede, H. Yani yang mengaku bangga atas prestasi tingkat nasional yang diraih oleh Ketua IPSM Rancagede Rahmatullah atas dedikasinya.

“Sangat peduli membantu warga desa Rancagede, terutama disaat Pandemi COVID -19, IPSM sangat aktif dalam memberikan perhatian kepada warga desa.” katanya.

Salah satu warga Rancagede, Munawaroh (48) menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan kursi roda untuk putrinya yang merupakan penyandang disabilitas. “Saya sangat berterima kasih atas bantuan kursi roda untuk anak saya yang diberikan oleh IPSM. Bantuan kursi roda ini sangat bermanfaat sekali bagi anak saya yang mengalami disabilitas,” katanya.(robby/hm)

Loading...

baca juga