D-ONENEWS.COM

Punya Kolesterol Tinggi dan Gula Darah Tinggi? Makan Sayur yang Banyak

banyak makan sayur
Jakarta, (DOC) – Kolesterol tinggi dan gula tinggi merupakan keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Hati-hati, kedua kondisi tersebut bisa menjadi awal mula dari penyakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung dan diabetes. Tentu, Anda tidak ingin mempunyai penyakit tersebut, bukan?
Salah satu cara untuk mencegah kolesterol tinggi dan gula tinggi memburuk adalah dengan mengontrol asupan makan. Ya, makanan yang Anda makan bisa sangat memengaruhi kadar kolesterol dan kadar gula darah Anda.
Kuncinya adalah makan sayur yang banyak. Mengapa sayur? Serat tinggi dalam sayuran terbukti dapat membantu dalam mengontrol kadar kolesterol dan kadar gula darah. Serat juga membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga memungkinkan Anda makan lebih sedikit.
Serat dalam sayuran sebenarnya tidak dicerna tubuh. Serat hanya melewati saluran pencernaan Anda. Di saluran pencernaan, serat ternyata dapat menghambat penyerapan lemak jahat dan kolesterol ke dalam tubuh. Kolesterol kemudian akan dibuang dari tubuh melalui feses (tinja) bersama serat. Hal ini membuat kadar kolesterol jahat dan trigliserida lebih rendah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.
Serat yang hanya melewati saluran pencernaan juga memungkinkan tubuh untuk mengontrol gula darah lebih baik. Serat tidak dicerna tubuh, sehingga gula darah tidak naik saat Anda makan makanan berserat. Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda yang mempunyai gula darah tinggi. Anda bisa makan sayuran yang mengandung tinggi serat sampai kenyang, tanpa harus memedulikan gula darah Anda. Selain itu, tentunya sayuran mengandung banyak nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh Anda. (and)

Loading...

baca juga