D-ONENEWS.COM

Rakor Dewan Smart City, Wali Kota Tekankan Koordinasi

Solo,(DOC) – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming mengikuti Rapat Koordinasi Dewan Smart City dalam upaya mempersiapkan Field Evaluation Smart City, Kamis (6/5/2021) bertempat di Ruang Rapat Natapraja Balaikota Surakarta. Walikota didampingi Sekretaris Daerah Ahyani dan Kepala Diskominfo SP Kenthis Ratnawati melaksanakan rakor secara zoom meeting diikuti Kepala Perangkat Daerah dan Akademisi Solo. Dalam rakor tersebut, Gibran menegaskan bahwa dibutuhkan koordinasi dan kolaborasi dari semua pihak untuk mewujudkan Smart City di Kota Solo.

“Pengembangan digitalisasi di setiap pelayanan menjadi hal yang wajib di era saat ini. Untuk itu wajib adanya koordinasi dari semua pihak untuk bersama-sama mendukung terwujudnya smart city di Kota Solo,” jelasnya.

Ia menambahkan harapannya agar Dewan Smart City dapat saling membantu dan berkolaborasi di setiap rancangan smart city. Ia yakin bahwa dengan koordinasi semua pihak Kota Solo dapat mencapai smart city di era digital.

Sementara itu Sekda Ahyani menekankan bahwa pembangunan Smart City harus tetap menjaga keseimbangan pembangunan lingkungan dan infrastruktur fisik untuk kemudahan warga. Hal ini disebut Smart Environment yang artinya memberikan kenyamanan berkelanjutan sumber daya, keindahan fisik maupun non fisik, lingkungan bersih, dan ruang terbuka hijau (RTH) yang representatif. Selain itu Smart Living juga harus diperhatikan agar memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat.

“Smart Environment dan Smart Living menjadi salah satu penilaian untuk perjalanan Smart City Kota Surakarta. Artinya harus tetap dapat menjaga lingkungan dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” jelas Ahyani.

Kota Surakarta sendiri telah memiliki beberapa pelayanan berbasis smart city, salah satunya aplikasi Solo Destination yang memberikan kemudahan pelayanan dalam satu aplikasi. Beberapa pelayanan di bidang pemerintahan antara lain Dispendukcapil Go Digital yang melayani administrasi kependudukan melalui aplikasi, pembayaran pajak online, pendaftaran penelitian online, aplikasi aduan masyarakat, pembayaran parkir online, belanja online dan aplikasi lainnya.(jj/r7)

Loading...

baca juga