D-ONENEWS.COM

Ratusan Rumah Diterjang Banjir Bandang, PLN Amankan Aliran Listrik Demi Keselamatan

Banyuwangi,(DOC) – Banjir bandang telah menerjang desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat(24/6 /2018) pagi, sekitar pukul 09.30 Wib.

Air banjir yang meluap selama satu jam hingga pukul 10.30 Wib, Jumat(22/6/2018), merendam rumah warga dan sekitar 625 kepala keluarga terkena dampaknya.

Atas kejadian ini, pihak PLN telah berupaya membantu warga terdampak untuk memulihkan keadaan sekitar, pasca banjir bandang dan ketika musibah tersebut berlangsung.

Pada saat banjir mulai meluas di Daerah Aliran Sungai (DAS) pihak PLN Rayon Rogojampi Area Banyuwangi mulai melakukan pengamanan dengan memutuskan aliran listrik di gardu melalui jurusan utama pada panel trafo yang menuju desa tersebut agar tidak membahayakan masyarakat yang terkena dampak banjir.

Pemutusan aliran listrik tersebut dilakukan dari pukul 10.00 Wib sampai pukul 17.00 Wib, Jumat(22/6/2018). Selama pemutusan tersebut, pihak PLN terus berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, sekaligus memantau kondisi tiang-tiang listrik SUTM/SUTR untuk memastikan tidak ada yang roboh atau tertimpa pohon.

Setelah terpantau normal semua, aliran listrik ke desa Alas Malang kembali dihidupkan agar warga mendapat penerangan dimalam hari dan bisa menjaga rumahnya masing-masing.

Sehari pasca banjir bandang, PLN Area Banyuwangi memberikan bantuan ke warga untuk membersihkan lumpur yang dibawa air saat banjir bandang terjadi.

“Kita bantu sekop, cangkul dan argo dorongan guna membersihkan lumpur. Kita juga menerjunkan petugas PLN untuk membantu warga terdampak,” ungkap Krisantus, Manajer PLN Area Banyuwangi saat memberikan bantuan ke warga yang didampingi oleh ketua YBM PLN Banyuwangi, Yananto.(hadi/r7)

Loading...