D-ONENEWS.COM

Risma Minta Dinkes Surabaya Ikut Awasi Penyebaran Cacar Monyet

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk mengantisipasi penyebaran cacar monyet atau monkeypox.

Saat ini pihak DInas Kesehatan Jatim memang memperketat pengawasan di Bandara Internasional Juanda agar monkeypox tak masuk wilayah Jawa Timur khususnya Surabaya. Tim pengawasan tersebut, juga melibatkan tim kesehatan dari Pemkot Surabaya,

Risma menambahkan, wilayah Bandara Internasional Juanda bukan kewenangan Surabaya, maka Pemkot hanya mengirim tim untuk bergabung dengan Dinas Kesehatan provinsi dalam mencegah penyebaran virus itu.

“Karena itu bukan Bandara Surabaya maka kami tidak bisa penuh. Tapi kami koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Kalau bisa ditempatkan tim dari kesehatan yang mengontrol suhu tubuh manifes dari Singapura,” ujarnya, Kamis (16/5/2019).

Menurut Risma, deteksi virus itu bisa dilihat aeal dari perubahan suhu tubuh. Kalau ada orang dari luar negeri lalu suhu tubuhnya panas, maka harus dikarantina dulu di rumah sakit.

“Kalau itu wilayahnya Surabaya, maka akan saya pasang tim Dinas Kesehatan di situ (Bandara Internasional Juanda). Virus itu bisa dilihat dari suhu tubuh. Kalau ada orang dari luar negeri suhu tubuhnya panas maka ia perlu dikarantina dulu ke rumah sakit,” katanya.

Monkeypox adalah penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis). Penularan dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi pada kulit, atau mukosa dari binatang yang tertular virus.(robby/r7)

Loading...