D-ONENEWS.COM

RPH Surya Siapkan 9 ton Daging Sapi selama Ramadhan dan Lebaran

RPH Surya Siapkan 9 ton Daging Sapi selama Ramadhan dan LebaranSurabaya,(DOC) – Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan Kota Surabaya (RPH Surya) menyiapkan sekitar 9 ton daging sapi  selama Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri 2024.

Direktur Utama (Dirut) RPH Surya, Fajar A. Isnugroho, menyatakan, daging sapi 9 ton itu, tersedia di Rumah Daging RPH untuk memenuhi permintaan kebutuhan masyarakat.

Rinciannya 4 ton daging sapi di siapkan sampai akhir Maret dan 5 ton di siapkan untuk bulan April mendatang.

Fajar Arifianto menambahkan, berdasarkan laporan tim monitoring daging RPH, harga daging sapi di Surabaya masih relatif stabil. Yakni di kisaran Rp115 ribu – Rp120 ribu, perkilogram untuk kualitas kelas 1. Sedangkan daging kualitas kelas 2 di jual pada kisaran Rp110ribu – Rp115 ribu perkilogramnya.

Menurut Fajar, kenaikan harga daging, biasanya besarannya berkisar Rp5 ribu – Rp10 ribu perkilogram. Perkiraannya kenaikan harga akan terjadi dalam sepekan sebelum lebaran. “Hal itu sangat lumrah,” tandas Fajar Arifianto menambahkan.

Pasokan Daging Sapi Aman sampai Hari Raya Idul Fitri

Dirut RPH Surya memastikan, bahwa pasokan sapi hidup sampai Idul Fitri aman. Sehingga di harapkan tidak sampai terjadi inflasi untuk daging sapi di Surabaya. Mengingat pasokan sapi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Surabaya selama Ramadhan hingga Idul Fitri.

“Setiap malam RPH memotong sapi rata-rata 178 ekor sapi dan biasanya pemotongan akan meningkat menjadi 300  ekor mendekati Hari Raya Idul Fitri. Alhamdulillah sejak 2022, tidak pernah terjadi inflasi daging sapi di Surabaya. Meski permintaan meningkat saat ramadhan dan Idul Fitri,” ungkap Fajar.

Lebih lanjut Fajar menambahkan, selama Ramadhan RPH aktif turun ke masyarakat melalui “Gerakan Pangan Murah. Berlangsung pada 23-34 Maret 2024 yang di adakan oleh DKPP Kota Surabaya di Tugu Pahlawan.

Selain itu RPH juga menggelar “Obral Daging Keliling” di beberapa Pasar Tradisional di Surabaya mulai 3-6 April 2024 mendatang.

“Obral Daging Keliling berlangsung sepekan sebelum Idul Fitri di Pasar Tambahrejo, Pasar Genteng, Pasar Pucang dan Pasar Manukan. Guna memastikan masyarakat mendapatkan daging sapi berkualitas dengan harga ramah yang terjamin Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).” Pungkas Fajar.(r7)

Loading...

baca juga