D-ONENEWS.COM

RSUD dr. Hariyoto Disetujui Kemenkes Melakukan Uji Klinik Terapi Plasma Konvalesen

Lumajang,(DOC) – Direktur RSUD dr Hariyoto Lumajang dr Halimi Maksum menyampaikan RSUD dr Hariyoto menjadi salah satu rumah sakit yang disetujui oleh Kemenrian Kesehatan untuk penugasan Uji Klinik Terapi Plasma Konvalesen pada pasien covid-19.

“RSUD dr Hariyoto salah satu yang disetuji oleh Kementrian untuk keikutsertaan uji klinis Plasma Konvalesen,” jelas dr Halimi Maksum Direktur RSUD Hariyoto Lumajang.

Sementara itu, Perwakilan dari Kemenkes, dr. Tetra Fajarwati mengatakan, pada tahun ini badan litbangkes mendapatkan amanah untuk melakukan suatu uji klinik pemberian plasma konvalesen sebagai terapi pada pasien covid-19.

“Rumah Sakit Hariyoto Lumajang merupakan salah satu rumah sakit yang bersedia menjadi penelitian di klinik yang kami lakukan,” ujarnya.

Persiapan sudah dilaksanakan pada Bulan September rumah sakit satu subjek yang untuk diberikan uji terapi plasma konvalesen.

“Di Indonesia sendiri ada 25 Rumah sakit yang tergabung dalam uji klinik. Sampai hari ini kita sudah merekrut 46 subjek salah satunya adalahdari Rumah sakit dr Hariyoto.

dr Tetra Fajarwati menjelaskan, tujuan dari plasma konvalesen ini diharapkan mampu menurunkan kematian pada pasien covid-19 melalui terapi plasma.

“Saya berharap dapat mampu menurunkan kematian pada pasien yang mendapat terapi plasma,” pungkasnya.(imam)

Loading...

baca juga