D-ONENEWS.COM

Ruang Genset RSUD Dr Soetomo Terbakar, Pasien dan Tim Medis Sempat Panik

Surabaya,(DOC) – Para pasien dan tim medis RSUD Dr Soetomo Surabaya panik melihat kebakaran yang terjadi di ruang genset Gedung Bedah Pusat Terpadu(GBPT), Kamis(17/10/2019) malam.

 

Beberapa ledakan juga sempat terdengar saat api tengah membakar ruangan tersebut. Para pasien langsung dievakuasi dari GBPT ke gedung lainnya agar tak terkena dampak kebakaran.

 

“Evakuasi pasien dilakukan cepat, agar tak panik dan terkena dampak kebakaran. Kita evakuasi semuanya, dokumen hingga alat medis,” ungkap Joni Wahyuhadi Direktur RSUD Dr Soetomo Surabaya.

 

Ia menjelaskan, sekitar pukul 16.40 Wib, Kamis(17/10/2019), dirinya mendapat laporan bahwa ruang genset di belakang kamar operasi meledak. Padahal ruangan tersebut baru saja di periksa dan taka da masalah.

 

“Barusan saja di cek itu meledak, kemudian menimbulkan asap. Asapnya tebal sekali dan masuk ke dalam gedung sehingga langsung mengantisipasinya. Alhamdulillah PMK Surabaya sudah tanggap cepat,” katanya.

Hampir setengah jam api bisa dijinakkan oleh petugas Pemadam Kebakaran (PMK) kota Surabaya dengan mengerahkan 10 unit mobil PMK.

 

Kepala Dinas PMK Surabaya, Deddy Irianto menjelaskan, hanya satu panel yang terbakar di runag genset dan langsung bisa dipadamkan oleh petugas.

 

“Kalau penyebabnya mungkin kepolisian yang mengecek ya. Tapi yang terbakar hanya satu panel. Meski cepat tapi petugas tadi sempat kesulitan karena ruang sempit dan asap sangat tebal,” kata Deddy saat dilokasi kebakaran.

 

Menurut dia, panel yang terbakar adalah panel listrik yang berada di ruangan genset RSUD Dr Soetomo Surabaya.(hadi)

Loading...