D-ONENEWS.COM

Sambut Hari Jadi ke 78 Provinsi Jawa Timur, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Lumajang

Lumajang, (DOC) – Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka Hari Jadi ke-78 Jawa Timur. Kirab Pataka yang dilaksanakan di 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur digelar sejak tanggal 24 September 2023. Tepat tanggal 5 Oktober 2023, Kirab Pataka telah sampai di Kabupaten Lumajang.

Lambang daerah jawa timur itu sebelumya menempuh perjalanan dari kabupaten Malang menuju kabupaten Lumajang. Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya semakin semarak dengan di meriahkan tarian jaran kencak.

Prosesi upacara penerimaan diselenggarakan di depan Pendopo Arya Wiraraja dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh peserta dari satpol PP, Linmas, Damkar, Dishub, BPBD dan Tagana Lumajang.

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni membacakan “Ripta Prasasti” yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

“Ripta Prasasti” merupakan sebuah pesan yang isinya Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI adalah Harga Mati yang harus dijaga dan dilindungi dengan segenap jiwa dan raga.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan, Kabupaten Lumajang menerima estafet kirab petaka dari kabupaten Malang sebagai estapet titik ke-26 dari 39 titik yang akan dilalui oleh kirab pataka.

“Besok kirap pataka jer basuki Mawa Beya dari kabupaten Lumajang di bawa menuju Kabupaten Jember,” ujarnya.

Indah Wahyuni menjelaskan, ini sebagai simbol kebersamaan, sinergi antara pemerintah Provinsi jatim dan kota, Kabupaten se jawa timur.

“Sehingga dalam pembangunan kita berseiring antara pemerintah Provinsi dengan kabupaten dan kota di jawa timur,” ujarnya.

Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya ke seluruh Kabupaten atau Kota se-Jawa Timur sekaligus untuk membangun sinergi antar Pemerintah Kabupaten atau Kota di Jawa Timur, hal ini sesuai dengan motto dari Provinsi Jawa Timur yaitu Optimis Jatim Bangkit dan Terus Melaju

“Harapannya dengan kegiatan ini, bisa terjalin sinergi dan kolaborasi untuk menjadikan Jatim jauh lebih kuat,” harap Indah Wahyuni.

Sebagai informasi, kirap ini dijadwalkan selesai di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 11 Oktober, dan akan mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 Provinsi Jatim pada 12 Oktober 2023. (r6)

Loading...

baca juga